Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 00:27 WIB | Sabtu, 21 Maret 2015

IHSG Ditutup Melemah, Investor Tahan Aksi Beli Saham

Gedung Bursa Efek Indonesia, di Sudirman Central Business District, Jakarta. (Foto: Prasasta)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat ditutup melemah sebesar 10,78 poin menyusul sebagian investor yang menahan aksi beli saham.

IHSG BEI ditutup melemah sebesar 10,78 poin atau 0,20 persen menjadi 5.443,06. Sementara kelompok 45 saham unggulan (indeks LQ45) turun 2,87 poin (0,30 persen) ke level 946,85.

"Pasca kenaikan indeks BEI pada hari kemarin (Kamis, 20/3), sebagian pelaku pasar cenderung kembali melakukan aksi ambil untung dikarenakan ekspektasi kenaikan suku bunga the Fed masih akan terjadi pada tahun ini," kata Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada di Jakarta, Jumat (20/3).

Ia menambahkan bahwa investor saham asing di dalam negerti yang cenderung kembali melakukan aksi jual pada akhir pekan ini menambah sentimen negatif bagi laju IHSG BEI. Dalam data perdagangan di Bursa Efek Indonesia tercatat, pelaku pasar saham asing membukukan beli bersih Rp 635,07 miliar pada Jumat (20/3) ini.

"Namun, masih positifnya mayoritas bursa saham di kawasan Asia dan Eropa menahan tekanan indeks BEI lebih dalam," katanya.

Sementara itu, Kepala Riset Universal Broker, Satrio Utomo mengatakan bahwa Bank Indonesia yang tidak menurunkan suku bunga acuan (BI rate) dinilai negatif sebagin investor. Level BI Rate saat ini dinilai cukup tinggi sehingga dianggap sebagai penghalang pertumbuhan ekonomi. (Ant).

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home