Loading...
EKONOMI
Penulis: Bayu Probo 11:46 WIB | Selasa, 29 Oktober 2013

Inggris, Negara Pertama Non-Muslim yang Luncurkan Obligasi Syariah

Kantor Kementerian Keuangan Inggris. (Foto: wikimedia.org)

LONDON, SATUHARAPAN.COM – David Cameron bakal meluncurkan  Sukuk senilai £200 juta (Rp 3,6 triliun)  di World Islamic Economic Forum di London, Selasa (29/10). Inggris bakal menjadi negara non-Muslim pertama yang menjual obligasi yang dapat dibeli investor Islam dalam upaya untuk mendorong investasi baru besar-besaran ke Inggris.

David Cameron akan mengatakannya dalam  pidato pada Selasa di World Islamic Economic Forum di London bahwa Departemen Keuangan menyusun rencana untuk mengeluarkan Sukuk £ 200 juta. Sukuk adalah surat utang negara yang sesuai dengan hukum keuangan syariah.

Surat-utang-syariah baru ini akan memungkinkan Inggris menjadi negara pertama non-Muslim yang memanfaatkan melimpahnya pertumbuhan investasi Islam yang diperkirakan mencapai £ 1,3 triliun (Rp 23 ribu triliun) tahun depan.

Perdana Menteri akan mengatakan bahwa itu bakal jadi “kesalahan” jika melewatkan kesempatan untuk mendorong investasi yang lebih Islami di Inggris. Dan, London harus menyaingi Dubai sebagai pusat keuangan syariah.

“Ketika keuangan Islam tumbuh 50% lebih cepat daripada perbankan tradisional dan ketika investasi Islam global yang diatur untuk tumbuh £ 1,3 triliun pada 2014, kami ingin memastikan proporsi besar bahwa investasi baru dibuat di sini di Inggris,”  Cameron akan memberi tahu pejabat senior dari negara-negara Islam.

Hadirin

Di antara mereka yang hadir pada pertemuan tersebut adalah Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei, Raja Abdullah dari Yordania, Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan Pangeran Salman bin Hamad Al Khalifa, Putra Mahkota Bahrain.

The World Islamic Economic Forum belum pernah diadakan sebelumnya di negara non-Muslim dan ini menggarisbawahi peningkatan peranan London yang bermain di industri keuangan Islam.

Bursa Efek London sedang mempersiapkan diri untuk meluncurkan Indeks Pasar Islam yang membantu para pengelola dana syariah mengidentifikasi peluang investasi baru.

Rencana Inggris untuk menerbitkan Sukuk sendiri dapat membuat miliaran pound surat utang pemerintah  Inggris terjual kepada investor Islam. Akibatnya,  Departemen Keuangan Inggris mempunyai kesempatan untuk melakukan diversifikasi selain dari sumber tradisional pendanaan.

“Selama bertahun-tahun orang telah berbicara tentang menciptakan obligasi islami—atau Sukuk—di luar dunia Islam, tapi itu tidak pernah cukup terjadi,” kata Cameron. “Mengubah itu adalah pertanyaan pragmatisme dan kemauan politik. Dan di sini di Inggris kami punya keduanya.

Untuk mematuhi hukum syariah, investor Islam dilarang menerima bunga. Sukuk menghindari masalah ini dengan memastikan investor kembali tetap menerima utang ini terkait dengan laba yang dihasilkan oleh underlying asset.

Nilai Sukuk sudah terdaftar di pasar London telah mencapai £ 21miliar (Rp 373 triliun) selama lima tahun terakhir dengan hampir 50 obligasi dikutip oleh London Stock Exchange.

Dana syariah telah digunakan untuk mendanai beberapa perkembangan terbesar di ibukota, termasuk Shard dan Desa Olimpiade.

Lebih dari 20 bank saat ini menawarkan produk-produk Islam dan jasa keuangan di Inggris, lebih dari negara Barat lainnya, dengan jumlah yang diharapkan untuk tumbuh lebih lanjut.

Pemerintah telah menempatkan mengamankan link dengan pertumbuhan pusat-pusat keuangan di negara-negara Islam dan pasar Asia yang tumbuh pesat di jantung rencananya untuk City.

Awal bulan ini Menteri Keuangan, George Osborne, mengumumkan kesepakatan dengan China untuk membuat London pusat terkemuka untuk pertumbuhan perdagangan aset berdenominasi renminbi dan untuk membuatnya lebih mudah bagi bank-bank China untuk mengatur operasi perbankan investasi. (telegraph.co.uk)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home