Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 05:39 WIB | Minggu, 11 Desember 2022

Inggris Tersingkir dan Prancis Akan Hadapi Maroko di Semi Final

Harry Kane dari Inggris mencetak gol pertama timnya dari titik penalti selama pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia antara Inggris dan Prancis, di Stadion Al Bayt di Al Khor, Qatar, Minggu, 11 Desember 2022. (Foto: AP/Abbie Parr)

DOHA, SATUHARAPAN.COM-Kylian Mbappe dan Prancis berhasil kembali ke semifinal Piala Dunia pada hari Minggu (11/12) dini hari dengan mengalahkan Inggris 2-1.

Olivier Giroud mencetak gol pada menit ke-78 di Stadion Al Bayt, Qatar  untuk menjaga Prancis tetap berada di jalur untuk menjadi tim pertama sejak Brasil pada tahun 1962 yang memenangkan Piala Dunia berturut-turut.

Giroud berlari dengan gembira ketika sundulannya membentur bek Inggris, Harry Maguire, dan melewati kiper Jordan Pickford.

Striker Inggris, Harry Kane, memiliki peluang untuk menyamakan skor di akhir pertandingan, tetapi ia mengirim upaya penalti di atas mistar.

Itu adalah tendangan penalti keduanya di pertandingan itu. Dia sebelumnya mencetak gol untuk menjadikannya 1-1 setelah Aurelien Tchouameni memberi Prancis keunggulan pada menit ke-17 dengan tendangan keras dari jarak 20 meter.

Prancis selanjutnya akan menghadapi Maroko di semifinal pada Rabu (14/12). Maroko menjadi tim Afrika pertama yang mencapai semifinal di Piala Dunia dengan mengalahkan Portugal 1-0.

Inggris tampak seperti tim yang lebih mungkin mencetak goal ketika pertandingan 1-1. Namun justru Giroud yang menyambut umpan silang Antoine Griezmann untuk memperpanjang rekornya sebagai pencetak gol terbanyak Prancis sepanjang masa menjadi 53 goal.

Kane mengirim rekan setim Tottenham Hugo Lloris ke arah yang salah dengan tendangan penalti sebelumnya setelah Tchoumani menjatuhkan Bukayo Saka, tetapi upaya berikutnya melambung tinggi di atas mistar.

Inggris, yang kalah adu penalti dari Italia di final Kejuaraan Eropa tahun lalu, mencapai semifinal Piala Dunia 2018.

Setelah mencetak 12 gol dalam perjalanan ke perempat final di Qatar, Inggris tertinggal dalam pertandingan untuk pertama kalinya di Piala Dunia. Itu juga pertama kalinya tim Inggris kebobolan gol sejak kekalahan 6-2 di pembukaan dari Iran.

Goal Kane adalah yang ke-53 untuk Inggris, membuatnya sejajar dengan Wayne Rooney untuk gol terbanyak yang dicetak untuk tim nasional.

Mbappe dari Prancis tidak memiliki goalnya sendiri untuk dirayakan, tetapi bersorak penuh semangat setelah penalti Kane gagal. Mbappe adalah pencetak goal terbanyak di Piala Dunia dengan lima gol, satu lagi dari Giroud dan Lionel Messi.

Pelatih Inggris Gareth Southgate sering dikritik karena terlalu berhati-hati dalam pertandingan-pertandingan terbesar, tetapi dia memilih formasi empat bek melawan Prancis dan mengisi timnya dengan ancaman serangan.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home