Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 06:57 WIB | Kamis, 31 Maret 2016

Jelang Hadapi Real Madrid, Enrique Kenang Cruyff

Ilustrasi: Johan Cruyff. (Foto: dailymail.co.uk).

BARCELONA, SATUHARAPAN.COM – Pelatih kesebelasan Barcelona mengenang almarhum pesepak bola legendaris, Johan Cruyff sebagai sosok spektakuler yang membawa perubahan bagi Barcelona, khususnya dalam menghadapi Real Madrid yang telah menjadi seteru sejak Cruyff masih sebagai pemain.

“Johan Cruyff adalah contoh pesepak bola spektakuler dan berhasil,” kata Enrique di Stadion Camp Nou, Barcelona, hari Rabu (30/3).

“Untuk berbicara tentang Cruyff adalah berbicara tentang sepak bola yang terbaik,” kata Enrique.

Enrique dan skuat utama Barcelona melakukan tabur bunga di pintu masuk stadion sebagai tanda memperingati mantan pemain dan pelatih yang pernah berjasa bagi klub Spanyol tersebut.

Enrique menegaskan bahwa warisan yang didapat Barcelona dari sosok mendiang Johan Cruyff yakni taktik sepak bola menyerang dan modern yang digunakan Barcelona hingga saat ini, bahkan hampir sebagian besar klub dan negara mulai menerapkan taktik yang disebut tiki-taka.

“Kami ingin meningkatkan gaya bermain yang menggabungkan hasil dan sepak bola menyerang yang spektakuler,” kata Enrique.

Johan  Cruyff meninggal satu pekan yang lalu saat berusia 68 atau lebih kurang  lima bulan setelah dia  didiagnosis menderita kanker paru-paru.

Hening Cipta Duka

Saat Barcelona akan menjamu Real Madrid pada hari Minggu (3/4) dini hari WIB di Stadion Camp Nou, Barcelona – menurut situs resmi klub Barcelona – para pendukung tuan rumah akan membentangkan spanduk besar yang bertuliskan mosaik berbahasa Spanyol Gracies Johan (artinya ‘Terima Kasih Johan’).

Cruyff ­– dalam catatan   situs resmi klub Barcelona – dinilai sebagai peletak dasar filosofi, permainan, serta akademi sepak bola Barcelona masa kini.

“Saat  lawan Real Madrid di Camp Nou, Minggu (3/4) dini hari WIB, menjadi momen tepat buat Barca untuk memberikan penghormatan terakhir sekaligus salam perpisahan untuk Cruyff,” seperti keterangan situs resmi Barcelona.

Mengacu kepada catatan Wikipedia, selain  memperkuat Ajax Amsterdam, mendiang Johan Cruyff tercatat pada era 1970-an pernah memperkuat Barcelona, baru pada era 1990-an Cruyff pernah menjadi pelatih Barcelona.

Daily Mail mencatat bahwa sejak hari Sabtu (26/3)  lebih dari 50.000 penggemar sepak bola di Spanyol telah mengunjungi stadion Camp Nou, di pintu masuk tempat tulisan Gracies Johan dipajang.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Olahraga Spanyol hari Selasa (29/3) menganugerahkan Medali Emas Royal Order of Merit di bidang Olahraga kepada Cruyff.

Kenangan Sang Anak

Putra ketiga Johan Cruyff, Jordi mengenang ayahnya sosok yang memiliki darah sepak bola  sejak lahir. ”Kami memahami bahwa Johan tidak hanya milik kita, ia milik seluruh dunia,” kata Jordi seperti diberitakan Daily Mail, hari Selasa (29/3).

Jordi terkesan dengan pemberitaan ayahnya dan penghormatan dari berbagai pecinta sepak bola dunia. ”Barcelona, Ajax Amsterdam dan tim nasional Belanda sepak bola mencintai dan jadi besar bahwa tiga entitas ini telah menunjukkan rasa hormat dan mendukung ayah kami,” kata Jordi.

Jadwal Liga Primera Spanyol:

Hari Sabtu (2/4) dini hari WIB: Rayo Vallecano vs Getafe.

Hari Sabtu (2/4) malam WIB:  Atletico Madrid vs Real Betis, Las Palmas vs Valencia.

Hari Minggu (3/4) dini hari WIB: Barcelona vs Real Madrid, Celta Vigo vs Deportivo La Coruna.

Hari Minggu (3/4) malam WIB: Athletic Bilbao vs Granada, Malaga vs Espanyol,  Eibar vs Villarreal.

Hari Senin (4/4) dini hari WIB:  Sevilla vs Real Sociedad.

Hari Selasa (5/4) dini hari WIB:  Levante vs Sporting Gijon. (dailymail.co.uk/wikipedia.org/thesundaily.my).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home