Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 20:10 WIB | Rabu, 21 Agustus 2013

Jelang Playoff Liga Champions: Arsenal Tak Hiraukan Isu Transfer, Siap Hadapi Fenerbahce

Jelang Playoff Liga Champions: Arsenal Tak Hiraukan Isu Transfer, Siap Hadapi Fenerbahce
Ersun Yanal, pelatih Fenerbahce (foto: eurosport.com).
Jelang Playoff Liga Champions: Arsenal Tak Hiraukan Isu Transfer, Siap Hadapi Fenerbahce
Arsene Wenger, pelatih Arsenal (foto: arsenal.com).

ISTANBUL, SATUHARAPAN.COM -  Menjelang laga pertandingan playoff Liga Champions putaran I, yang akan berlangsung di Stadion Sukru Saracoglu, Istanbul pada Kamis (22/8) pagi antara Fenerbahce (Turki) melawan Arsenal (Inggris). Arsene Wenger, pelatih Arsenal, mengatakan bahwa pihaknya menginginkan skuadnya tetap fokus, dan tidak mempedulikan berbagai isu transfer yang berhembus. Kedua tim seyogyanya memiliki kualitas skuad yang sangat baik dan cenderung berimbang.

Bagi Arsene Wenger, seperti dikutip dari situs resmi Arsenal FC, menyatakan bahwa laga ini krusial, meskipun, Wenger tidak mau berurusan dengan transfer, karena Arsenal pernah mengalami penurunan performa, setelah beberapa pemain penting keluar dari Arsenal antara lain, Robin van Persie,  Alexander Song, dan Cesc Fàbregas.

Lini tengah Arsenal saat ini makin kuat dengan hadirnya Jack Wilshere setelah lepas dari cedera pra-musim pertamanya sejak 2010. Pemain tengah tim nasional Inggris tersebut masih belum 100% fit namun dia bersemangat untuk membuat kesan mendalam bagi tim.

“Kami merasa bahwa kami adalah skuad dengan semangat yang besar, karena kami telah tunjukkan jelang akhir musim lalu, ketika kami mendapat 11 pertandingan tak terkalahkan,” kata Wenger

Arsenal akan menggunakan pertandingan melawan Fenerbahçe sebagai momentum kebangkitan, kata Wenger, mereka akan senantiasa haus gelar.

“Arsenal akan berambisi menjadi tim yang memenangkan segalanya, piala dan Liga Inggris, termasuk juga Champions, tetapi sekarang kami belum memenangkan apa pun selama delapan tahun, jadi kami tahu apa yang harus kita lakukan Ini adalah waktu untuk mulai memproduksi piala dan menjadi lebih dekat ke puncak. Liga di akhir musim Kami tidak hanya ingin berjuang untuk berada di peringkat keempat di pada akhir klasemen Liga Inggris mendatang, tetapi kami ingin berada di sana dengan orang-orang seperti Chelsea, Manchester City dan Manchester United. Kami merasa kami cukup baik untuk berada di sana, sebagai juara,” kata Wenger.

Goal.com mengabarkan, Fenerbahce dipastikan akan tampil dengan skuad terkuat. Pelatih Fenerbahce Ersun Yanal menyatakan bahwa keberadaan Joseph Yobo, Raul Meireles, dan Dirk Kuyt di timnya akan sangat penting, karena pemain-pemain tersebut berpengalaman, ketika mereka masih memperkuat Everton, Liverpool, dan Chelsea.

“Arsenal menang 5-2 terakhir kali mereka mengunjungi Istanbul pada 2008/2009 tetapi hanya dalam rangka pertandingan persahabatan, tetapi malam nanti (dinihari nanti), kami bersumpah tidak akan mengulangi lagi kesalahan,” kata Ersun.

Ersun mengatakan bahwa delapan kali juara liga Premier Inggris, yang bermarkas di kota London tersebut adalah tim dengan daya juang dan semangat tinggi, "Arsenal adalah tim daya tinggi, jadi kita akan masuk ke arena pertandingan tidak hanya bermodal keberuntungan, tetapi untuk mengambil keuntungan, kami harus waspadai itu,” kata Ersun.

Sementara dari uefa.com, Fenerbahçe yang harus melalui babak kualifikasi dua di kancah Liga Champions Eropa juga mengalami kekalahan dalam pembukaan kompetisi domestik (Liga Turki), yakni saat ditundukkan Konyaspor 2-3. Dia mengatakan: “Para pemain saya harus siap untuk memainkan lebih dinamis, bermain lebih up-tempo.”

Catatan uefa.com mengindikasikan bahwa kekuatan Arsenal sendiri pincang, karena absennya beberapa pemain penting. Hal ini terlihat tatkala Arsenal takluk dari Aston Villa 1-3 dalam pertandingan pembuka Liga Inggris pekan lalu.

Juga ada indikasi kalau Arsenal akan dominan pada laga ini, karena pengalaman dan rekor bagus melawan Fenerbahce menjadi modal utama. Kecemerlangan Olivier Giroud belakangan ini juga bisa menjadi faktor kunci, selain kemenangan Arsenal 5-2 atas Fenerbahce dalam pertandingan persahabatan beberapa tahun silam.

Bek kanan andalan pelatih Ersun Yanal, Gokhan Gonul, dipastikan absen pada laga kali ini, akan tetapi penjaga gawang Fenerbahce Volkan Demirel kembali bermain setelah absen beberapa laga di kompetisi Liga Turki karena akumulasi kartu.

Selain Fenerbahce menghadapi Arsenal, empat pertandingan lain yang akan diselenggarakan pagi nanti antara lain Dinamo Zagreb (Kroasia) vs Austria Wien (Austria), FC Ludogorets Razgrad (Montenegro) vs  Basel (Swiss), Schalke 04 (Jerman) vs PAOK Thessaloniki FC (Yunani), Steaua Bucuresti (Rumania) vs Legia Warszawa (Polandia)

Prakiraan pemain menurut uefa.com yang akan dimainkan antara lain. Fenerbahce: Demirel, Kadlec, Alves, Yobo, Topuz, Potuk, Meireles, Emre, Sow, Emenike, Kuyt. Arsenal: Szczesny, Sagna, Mertesacker, Koscielny, Gibbs, Ramsey, Wilshere, Walcott, Rosicky, Cazorla, Giroud. (goal.com/uefa.com/arsenal.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home