Loading...
EKONOMI
Penulis: Bob H. Simbolon 15:13 WIB | Selasa, 29 Maret 2016

Jokowi akan Berikan KUR Untuk replanting Komoditas Strategis

Menteri Pertanian Amran Sulaiman (Foto: Bob H Simbolon)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Jokowi - JK akan memberikan bantuan dana melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk penanaman kembali (replanting) komoditas strategis seperti kakao, karet, kopi, teh dan pala.

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, mengatakan, para petani saat ini membutuhkan dana untuk mereplanting lahan pertaniannya. Sebagai contoh, di Sumatera Selatan, penghasil karet terbesar di Indonesia,  tanaman di atas 25 tahun ada seluas 750.000 hektare.

"Para petani akan mengunakan dana KUR tersebut untuk mengembangkan komoditas strategis seperti arahan dari Presiden Jokowi, Komoditas yang dimaksud adalah kakao, karet, kopi, teh dan kelapa," kata dia di Kantor Menteri Koordinator bidang Perekonomian di Jakarta pada hari Selasa (29/3). 

Langkah selanjutnya, kata dia, memberikan solusi-solusi ke depan mengunakan sistem jangka pendek dan jangka panjang. Jangka pendek adalah membantu petani yang tidak mempu dengan memberikan bibit dari tanaman.

"Kita memberikan bantuan benih tanamanan kepada para petani," kata dia. 

Dia pun menjelaskan dana KUR tersebut akan diserahkan secara bertahap dengan total Rp 104 triliun selama tujuh tahun.

"Pada tahun pertama akan diberikan KUR sebesar Rp 30 triliun untuk komoditas strategis sedangkan dana KUR yang digunakan untuk raplanting akan digunakan sebesar 25 persen hingga 30 persen dari total bantuan setiap tahunnya," kata dia.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home