Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 14:20 WIB | Rabu, 22 April 2015

KAA - Pidato PM Jepang Berisi Sindiran terhadap Tiongkok

Foto bersama para pemimpin negara-negara Asia Afrika. Presiden Joko Widodo diapit oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden Tiongkok, Xi Jinping (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Ketika berpidato pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Afrika hari ini (22/4) di Jakarta, Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, menyelipkan kritik dan sindiran terhadap Tiongkok yang ia nilai sering menggunakan posisi dominannya untuk menekan negara-negara yang lemah. Namun, Abe juga dijadwalkan akan mengadakan pertemuan dengan Presiden Tiongkok, Xi Jinping, sore ini sebagai tanda mencairnya ketegangan kedua negara.

"Kita seharusnya tidak mengizinkan tanpa persetujuan penggunaan kekuatan oleh yang lebih kuat untuk memperdaya yang lebih lemah di sekitar kita," kata Abe, yang mendapat giliran berpidato seusai Presiden Tiongkok.

"Kebijaksanaan para pendahulu kita di Bandung adalah bahwa aturan hukum harus melindungi martabat negara berdaulat, baik itu besar atau kecil," kata Abe, sebagaimana dilansir oleh Reuters.

Tiongkok berada dalam konflik perbatasan dengan dengan beberapa negara kecil di Laut China Selatan, sementara Jepang memiliki perseteruan terpisah atas sebuah pulau di Laut China Timur.

Abe sering memperingatkan penggunaan kekuatan untuk mengubah status quo dan mengatakan penegakan hukum harus berlaku. Kedua hal ini sering dianggap sebagai kritik implisit Abe terhadap Tiongkok.

Sementara itu, seorang pejabat Jepang menyatakan Abe direncanakan akan bertemu dengan Xi Jinping di sela-sela pertemuan puncak ini. Pejabat Jepang mengatakan  kedua pemimpin itu akan bertemu pada sore hari. Kementerian luar negeri Tiongkok tidak memberikan komentar.

Ketegangan antara dua negara ekonomi terbesar Asia ini telah berkobar dalam beberapa tahun terakhir karena permusuhan atas sejarah perang serta batas teritorial dan persaingan regional. Kenangan agresi militer Jepang di masa lalu tertancap dalam di Tiongkok dan Beijing yang telah berulang kali mendesak Jepang untuk menghadapi sejarah.

Namun pertemuan kedua pemimpin itu pada hari ini diharapkan bisa mempromosikan pemulihan hubungan yang sudah dimulai ketika Abe dan Xi bertemu pada pertemuan puncak di Beijing akhir tahun lalu.

Selama sesi foto KTT Asia Afrika berlangsung yang diikuti seluruh kepala negara maupun kepala pemerintahan negara-negara Asia Afrika, Abe dan Xi Jinping tampil mengapit Presiden Joko Widodo. Keduanya juga tetap dalam posisi yang sama ketika menyaksikan tarian tradisional pembuka.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home