Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:08 WIB | Jumat, 24 Mei 2013

Kaki Manusia Rumah Bagi 200 Lebih Jenis Jamur

(Foto: dari bbc.co.uk)

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Tubuh manusia sebenarnya penuh dengan jamur. Para ilmuwan menyebutkan bahwa sedikitnya ada  ratusan jenis jamur yang tumbuh di seluruh tubuh. Di antaranya adalah 200 jenis jamur yang tumbuh di kaki.

“Jamur hidup di seluruh tubuh manusia, tetapi tempat favorit mereka adalah tumit, di bawah kuku dan di antara jari kaki. Demikian menurut sebuah studi di Amerika Serikat.

Peta baru keanekaragaman jamur pada tubuh dapat membantu  memahami dan mengatasi kondisi kulit, seperti pada para olahragawan. Para peneliti melaporkan temuan itu dalam jurnal Nature baru-baru ini.

Menurut mereka, jamur memang tidak melukai dan hidup secara alami pada kulit, tetapi bisa menyebabkan infeksi jika mereka berkembang biak.

Dalam studi awal peneliti mengidentifikasi berbagai kelompok jamur yang hidup pada tubuh orang dewasa sehat.

Sebuah tim yang dipimpin oleh National Human Genome Research Institute di Bethesda, Maryland, memilah DNA jamur yang hidup di kulit pada 14 daerah tubuh yang berbeda pada 10 orang dewasa yang sehat.

Sampel diambil dari saluran telinga, antara alis, belakang kepala, di belakang telinga, tumit, kuku, antara jari kaki, lengan, punggung, pangkal paha, hidung, dada, telapak, dan lekukan siku.

Data mengungkapkan bahwa kekayaan jamur bervariasi di seluruh tubuh. Habitat jamur yang paling kompleks adalah tumit, rumah bagi sekitar 80 jenis jamur. Para peneliti menemukan sekitar 60 jenis pada sela-sela kuku dan 40 jenis di antara jari kaki.

Tempat favorit lainnya  adalah telapak, lengan bawah dan siku dalam. “Lokasi” itu termasuk moderat, dengan setiap lokasi ditumbuhi 18 sampai 32 jenis jamur.

Intinya adalah kaki Anda penuh dengan jamur dan beraneka ragam. Jadi, memakai sandal di kamar bisa dilakukan jika Anda tidak ingin mencampur jamur kaki Anda dengan jamur orang lain.

Mengomentari studi ini, pakar jamur, Dr Paul Dyer dari Nottingham University, mengatakan bahwa  jamur biasanya tumbuh berdampingan cukup subur pada tubuh tanpa menyebabkan kerusakan apapun, kecuali pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang buruk.

"Hal ini menggambarkan keragaman yang luar biasa dari jamur yang tumbuh pada tubuh manusia," katanya seperti dikutip dalam bbc.co.uk. "Ini jauh lebih tinggi dari yang kita ketahui sebelumnya."

Infeksi oleh jamur termasuk umum, juga pada kaki atlet. Tinea pedis adalah infeksi jamur yang sangat umum pada kaki yang menyebabkan kulit mengupas, kemerahan, gatal, terbakar, dan kadang-kadang lecet dan luka.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home