Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 20:07 WIB | Selasa, 17 Juni 2014

Kisah Perjuangan Korban Ranjau Kamboja di YATRA

Kehidupan Tun Channareth dari Kamboja berubah secara dramatis di umurnya awal dua puluhan akibat ranjau darat. (Foto: oikoumene.org)

SIEM REAP, SATUHARAPAN.COM – Peserta Pelatihan Persahabatan Antaragama bagi Kaum Muda Asia (Youth in Asia Training for Religious Amity/YATRA) mengisahkan perjuangannya setelah menjadi korban ranjau. YATRA diselenggarakan oleh Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC) pada 8-21 Juni 2014.

Kehidupan Tun Channareth dari Kamboja berubah secara dramatis di umurnya awal dua puluhan. Saat menjadi sukarelawan melawan Khmer Merah, kaki Channareth hancur ketika ia menginjak ranjau darat di dekat perbatasan antara Kamboja dan Thailand. Dia berusia 22 tahun.

Pada saat itu, ia ingin bunuh diri—katanya kepada peserta YATRA pada 12 Juni di Siem Reap, Kamboja.

Beberapa kisah hidup menggambarkan apa artinya untuk memulai “ziarah keadilan dan perdamaian” seruan dari Sidang Raya ke-10 WCC. Kisah Channareth adalah salah satu cerita tersebut.

Walau mengalami kecelakaan ranjau darat dan kehilangan ayah dan saudara perempuannya akibat kekejaman rezim Khmer Merah dan harus berjuang memberi makan keluarganya, Channareth telah menjadi suara bagi pelarangan ranjau darat di seluruh dunia.

Bergabung dengan penyintas ranjau darat lainnya, Channareth mengumpulkan lebih dari satu juta tanda tangan dari rakyat Kamboja untuk menyerukan larangan ranjau darat. Petisi ini menyebabkan pembentukan dari Kampanye Anti Ranjau Darat Kamboja, anggota kunci dari Kampanye Internasional Anti Ranjau Darat (ICBL).

Atas nama ICBL, Channareth, bersama dengan Jody Williams, koordinator internasional, menerima Hadiah Nobel Perdamaian pada 1997. Biksu dan organisasi-organisasi Kristen, termasuk Lutheran World Federation, Jesuit Refugee Service, Church World Service, Caritas, Australia Catholic Relief dan Persaudaraan Maryknoll juga terlibat dalam kampanye.

Ada lebih dari 64.000 korban ranjau darat di Kamboja.

“Sebagai manusia kita semua memiliki ranjau darat di dalam hati kita,” kata Channareth. “Tapi juga punya bunga!” Apa yang kita butuhkan adalah untuk menghilangkan ranjau darat dan membiarkan mekar bunga. Apakah Anda tahu kapan kita membiarkan bunga mekar ini?” Tanyanya peserta YATRA, menjawab sendiri, “Ketika kita membantu dan melakukan sesuatu bagi orang lain.”

Sebagai orang Katolik, Channareth bekerja untuk Jesuit Refugee Service, sebuah LSM Katolik internasional, tuan rumah YATRA di Siem Reap.

Refleksi yang Channareth bersama dengan peserta YATRA, yang membuat kelompok sekitar tiga puluh orang Kristen muda Asia, menjadi inspirasi dalam diskusi tentang bagaimana bekerja untuk penyebab keadilan dan perdamaian di wilayah multi-agama dan politik kompleks Asia.

YATRA

Menjelajahi realitas masyarakat multi-agama dan menemukan cara baru untuk bekerja bersama sebagai komunitas agama untuk mempromosikan keadilan dan perdamaian, para pemimpin Kristen muda dari Asia telah berkumpul di Kamboja untuk mengambil bagian dalam program pelatihan dua minggu yang disebut YATRA.

Inisiatif pelatihan yang disponsori oleh Dewan Gereja Dunia (WCC) dimulai pada 8 Juni, dengan upacara pembukaan doa di Metta Karuna Refleksi Centre di Siem Reap, yang didirikan dan dijalankan oleh Suster Denise Coghlan, terkenal karena karyanya dengan Kampanye Internasional untuk Tolak Ranjau Darat yang memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1997.

Pada upacara pembukaan, sekitar tiga puluh peserta yang hadir, masing-masing antara usia 20 dan 35, yang berasal dari Kamboja, Thailand, India, Filipina, Indonesia, Nepal, Myanmar, Sri Lanka, Bangladesh, Republik Korea, Selandia Baru, Taiwan, Nepal, Sri Lanka, Pakistan, Timor Timur, Jepang dan Cina.

Sebuah inisiatif pertama kali program WCC untuk dialog antar-agama dan kerja sama, pelatihan akan mengembangkan pengetahuan peserta di bidang Kristen pemahaman diri dan saksi dalam masyarakat multi-agama, ekologi, ekonomi dan keadilan gender dari perspektif agama, serta lintas agama perdamaian, penyembuhan dan meditasi.

Sejarah konflik di Kamboja, spiritualitas Asia, serta ajaran keadilan dan perdamaian dalam Hinduisme, Jainisme dan Buddhisme, akan menjadi salah satu tema dibahas oleh peserta YATRA.

“Dalam konteks di mana agama sering digunakan untuk melakukan kekerasan, peserta YATRA akan menemukan dan melihat cara yang efektif untuk mengubah penggunaannya untuk perdamaian dan keadilan sebagai gantinya,” kata Pdt Dr Rajkumar Peniel, program eksekutif WCC untuk antar-agama dialog dan kerja sama, dan penyelenggara pelatihan.

Dia menjelaskan bahwa istilah Yatra secara harfiah berarti ziarah dalam berbagai bahasa Indo-Asia, yang sesuai baik dengan panggilan WCC untuk “ziarah keadilan dan perdamaian” yang dikeluarkan oleh Sidang Raya ke-10 di Busan.

Di antara instruktur dalam pelatihan YATRA adalah Vannath Chea, peneliti Kamboja dan analis politik, Sunila Ammar dari Konferensi Kristen Asia, Dr Clare Amos, program eksekutif WCC untuk dialog antar-agama dan kerja sama, Dr Meera Baindur dari Manipal Centre for Philosophy dan Humaniora di India, Kasta Dip dari Peace Centre India, Emma Leslie dan James O 'Keefe dari Pusat Studi Perdamaian dan Konflik, Athena Peralta, anggota staf WCC, Rev Dr Martin Sinaga dari Theological Seminary Jakarta dan Pdt Dr Simone Sinn dari Federasi Dunia Lutheran. (oikoumene.org)

Panggilan untuk ikut YATRA ada di tulisan ini: DGD Mengundang Pemuda Gereja Asia Ikut Pelatihan Persahabatan Antaragama


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home