Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 16:13 WIB | Minggu, 03 Januari 2016

Koalisi Arab Umumkan Akhir Gencatan Senjata Yaman

Asap mengepul dari beberapa bangunan setelah laporan serangan udara oleh koalisi Arab di gudang senjata di pangkalan udara Al-Dailami, pada 29 Desember 2015, utara ibu kota Sanaa. (Foto: AFP)

RIYADH, SATUHARAPAN.COM - Koalisi pimpinan Saudi yang memerangi pemberontak dukungan Iran di Yaman pada hari Sabtu (2/1) mengumumkan akhir dari gencatan senjata yang dilanggar setiap hari sejak dideklarasikan bulan lalu.

“Kepemimpinan koalisi mengumumkan akhir dari gencatan senjata di Yaman mulai pukul 14.00” (1100GMT) hari Sabtu, kata aliansi itu dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan Saudi Press Agency.

Gencatan senjata yang diumumkan pada 15 Desember tersebut berakhir akibat “serangan pemberontak di teritorial kerajaan tersebut secara terus-menerus dengan menembakkan rudal balistik ke beberapa kota Saudi, menargetkan beberapa pos perbatasan Saudi, dan menghambat operasi bantuan,” katanya.

Pemberontak juga “terus menembaki warga dengan mortir dan menewaskan serta menahan warga sipil di beberapa kota yang mereka kuasai,” kata koalisi.

“Semua ini menunjukkan ketidakseriusan milisi dan sekutu mereka serta ketidakpedulian mereka terhadap nyawa warga sipil, dan bagaimana mereka jelas-jelas memanfaatkan gencatan senjata ini untuk keuntungan mereka sendiri.”

Namun, pihak koalisi menambahkan “masih ingin menciptakan situasi yang cocok untuk menemukan solusi damai di Yaman,” tambahnya. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home