Loading...
INDONESIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 08:35 WIB | Senin, 29 Desember 2014

KRJ akan Lawan Parpol Penolak Pilkada Langsung

Relawan Jokowi saat menggelar aksi seribu lilin Oktober lalu. (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Sejumlah elemen Relawan Jokowi yang tergabung dalam Koalisi Relawan Jokowi (KRJ) menegaskan akan melawan sejumlah partai politik (parpol) pengkhianat yang tidak mendukung pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara langsung.

"Parpol 'pengkhianat' bagi kami adalah parpol untuk yang tidak mendukung pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara langsung, tetapi melalui DPRD. Meskipun sebagian partai yang dulu menentang Pilkada langsung namun kini sudah mendukung, bagi kami tetap saja parpol pengkhianat. Mereka lawan kami," kata Sihol Manullang, Ketua Umum Relawan Jokowi Presiden (BaraJP) yang didaulat menjadi Sekjen KRJ dalam rilis yang dikirim kepada satuharapan.com pada Rabu (23/12).

KRJ yakin, apabila rakyat berhasil mengadang parpol-parpol pengkhianat di DPR, penataan kehidupan berbangsa akan lebih mudah.

“Jangan lagi seperti sekarang, amanat rakyat dibelokkan, dan perubahan sikap politik bukan berdasarkan keinginan rakyat bawah, tetapi hanya taktis politik di lapangan," katanya. 

Sementara itu, Sihol menjelaskan tujuan KRJ bukan hanya mengawal pemerintahan Jokowi, tetapi juga mencerdaskan rakyat agar melek politik.

“Rakyat jangan sampai tidak sadar bahwa sesungguhnya mereka ditindas partai politik (parpol). Sosialisasi melek politik, antara lain dengan memberi pencerdasan ihwal parpol ‘pengkhianat’,” kata dia.

Di sisi lain, Sihol mengatakan keberanian Jokowi untuk tidak populer karena mengalihkan subsidi bahan bakar minyak (BBM), sudah menjadi bukti bahwa arah perubahan yang dibawa Jokowi tidak perlu diragukan.

"Kami mendukung Jokowi karena yakin Jokowi membawa perubahan. Ini harus dikawal, supaya arah perubahan tetap konsisten pada arah semula," katanya.

Sihol mengatakan, tonggak dasar perubahan ke depan telah ditancapkan Jokowi dengan baik. Pengalihan subsisi yang secara radikal mengubah postur pembiayaan pembangunan menjadi landasan yang dalam dua atau tiga tahun segera terasa.

Koalisi Relawan Jokowi

Koalisi Relawan Jokowi merupakan media perjuangan mempertahankan arah perubahan dengan mendukung Jokowi dan tetap bersama masyarakat arus bawah.

Bentuk organisasi KRJ adalah sebagai koalisi, di mana semua elemen Relawan menjadi anggota presidium. Jabatan ketua presidium dijabat secara bergantian, direncanakan satu sampai dua tahun.

Anggota KRJ adalah elemen-elemen Relawan Jokowi sesama Pilpres. Antara lain, dari Kebangkitan Indonesia Baru (KIB), Jokowi Mania (Joman), We Love Jokowi (WLJ), Srikandi Jokowi, Solidaritas Merah Putih (Solmet), Komunitas Jokowi, Forkami, Jokowi Lovers, Forum Relawan Jokowi (FRJ), Pos Perjuangan Rakyat (Pos Raya) dan banyak lagi.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home