Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 04:15 WIB | Sabtu, 12 Oktober 2013

Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa: Belgia Lolos ke Brasil 2014

Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa: Belgia Lolos ke Brasil 2014
Romelo Lukaku, Belgia (kaus hitam) (foto: fifa.com)
Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa: Belgia Lolos ke Brasil 2014
Gelandang Belgia, De Bruyne berebut bola dengan pemain Kroasia, Ivan Strinic.

ZAGREB, SATUHARAPAN.COM – Belgia berhak lolos langsung ke pagelaran Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Brasil pada 2014 mendatang, setelah pada pertandingan terakhir Grup A di Stadion Maksimir, Zagreb pada Sabtu (12/10) dini hari WIB, mereka berhasil mengalahkan Kroasia dengan skor tipis 2-1.

Gol pertama bagi Belgia dihasilkan penyerang yang dipinjamkan Chelsea ke Everton, Romelo Lukaku. Pemain Belgia ini mengawali gol Belgia pada menit ke-15, mendapat umpan dari rekannya, gelandang Stefan Defour yang sebelumnya memanfaatkan kesalahan pemain Kroasia, Ivan Perisic. Pemain belakang Kroasia tersebut gagal membuang bola dalam situasi kemelut di kotak penalti, bola berhasil direbut Defour yang langsung memberi bola pendek kepada Lukaku yang sekali tendangan langsung menjebol gawang Kroasia yang dijaga Stijpe Pletikosa.

Belgia nyaris menggandakan keunggulan di menit 29 ketika crossing dari sisi kiri menuju Marouane Fellaini di tiang jauh dan disambut tandukannya. Bola mengarah ke gawang tapi Pletikosa dengan sigap menepis bola tersebut.

Pada babak pertama Lukaku lagi-lagi menjadi pemain paling bersinar pada pertandingan dini hari tadi, sebuah gol yang dia cetak pada menit ke-38 menggandakan kemenangan Belgia pada babak pertama.  

Di babak kedua Krosia coba menyerang untuk mendapatkan gol, salah satunya melalui eksekusi gelandang, Nikola Kalinic yang menciptakan peluang lewat bola tembakan kencang tapi masih bisa ditepis penjaga gawang Belgia, Courtois.

Begitu juga dengan usaha gelandang Kroasia, Ivan Strinic di menit 48 namun bola yang mengarah ke pojok atas masih bisa digagalkan kiper, Courtois.

Krosia memperkecil ketertinggalan jadi 1-2 di menit 83 lewat tendangan Kranjcar menyusul kemelut di kotak penalti Belgia.

Dengan perolehan 25 poin dari sembilan laga dan perolehan poin anak asuh Marc Wilmots ini tak terkejar Kroasia di posisi kedua dengan 17 poin. Mereka jadi tim Eropa ketiga setelah Belanda dan Italia yang berangkat ke Brasil 2014.

Kroasia harus melalui playoff untuk merebut tiket ke putaran final. Bagi Belgia ini adalah penampilan kembali mereka di kompetisi sepakbola tertinggi di dunia ini, setelah sebelumnya Belgia tampil pada Piala Dunia 2002.

Susunan Pemain

Kroasia: Pletikosa, Strinic, Perisic (Kalinic 45'), Corluka, Lovren, Rakitic (Kranjcar 76'), Modric, Vrsaljko, Mandzukic, Kovacic (Vukojevic 65'), Vida

Belgia: Courtois; Alderweireld, Van Buyten, Lombaerts, Vertonghen; Witsel, Defour (Dembele 84'), Fellaini; De Bruyne (Mirallas 65'), Lukaku (Chadli 69'), Hazard. (goal.com/fifa.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home