Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 09:32 WIB | Minggu, 22 September 2013

Liga Jerman: Munchen Perkasa Atasi Schalke

Liga Jerman: Munchen Perkasa Atasi Schalke
Franck Ribery (Munchen, kaus putih) membayang-bayangi pergerakan Kevin Boateng( Schalke, kaus biru) (foto-foto: fcbayern.telekom.de)
Liga Jerman: Munchen Perkasa Atasi Schalke
Bastian Schweinsteiger (Munchen) merayakan gol pertama Munchen.

GELSENKIRCHEN, SATUHARAPAN.COM – Kegembiraan Schalke (Jerman) yang berhasil mengalahkan Steaua Bucharest (Rumania) 3-0 pada Liga Champions Rabu (18/9) hanya berlangsung beberapa hari. Semangat tersebut tidak terlihat lagi saat meladeni juara bertahan Bundesliga (Liga Jerman) musim lalu, Bayern Munchen pada pertandingan lanjutan Liga Jerman yang berlangsung di kandang mereka sendiri, Stadion Veltins Arena, Gelsenkirchen pada Minggu (22/9) dini hari WIB. Schalke dipermalukan 0-4 di hadapan pendukungnya sendiri.

Sementara itu, Bastian Schweinsteiger yang sudah sembuh dari cedera turun sebagai starter di kubu Bayern Munich. Namun Basti tidak tampil mengisi posisi jangkar, melainkan menggantikan Thomas Muller sebagai pendamping Toni Kroos di lini gelandang serang. Satu tempat di depan garis pertahanan Bayern sendiri kembali dipercayakan kepada kapten Philipp Lahm.

Josep Guardiola selaku pelatih Bayern Munchen menginstruksikan anak asuhnya menyerang guna meraih poin penuh, karena apabila Munchen menang maka mereka akan naik ke posisi puncak sementara klasemen liga Jerman setelah beberapa jam sebelumnya Borussia Dortmund ditahan imbang 1-1 oleh FC Nurnberg.

Sedangkan Schalke, selalu tumbang dalam enam pertemuan terbaru dengan The Bavarians, lebih berkonsentrasi di pertahanan sambil sesekali mengintip kans menyerang balik.

Strategi tersebut mengantar Schalke menghasilkan kesempatan perdana di pertandingan ini pada menit keenam melalui tembakan penyerang baru asal Ghana, yang baru saja mereka dapatkan dari AC Milan, Kevin-Prince Boateng akan tetapi bola tendangan pelan Boateng masih dapat dikendalikan kiper Munchen, Manuel Neuer.

Bayern gantian mengancam lewat percobaan gelandang Toni Kroos usai menerima umpan tarik rekannya dari sudut lain, gelandang kanan Munchen, Arjen Robben, tetapi bola tendangan masih luput dari sasaran. Selanjutnya Bayern terus mendominasi penguasaan bola. Meski beberapa kali terlihat kerepotan menerima serangan balik Schalke, Bayern akhirnya sukses memecahkan kebuntuan lebih dulu memasuki menit ke-21.

Gelandang serang Munchen, Bastian Schweinsteiger menandai debutnya kembali di lapangan hijau. Bersama Munchen, di behadil cetak gol hasil dari sundulan, dan bola jatuh ke tiang jauh gawang Schalke. Dia menerima umpan dari tendangan penjuru rekannya, Arjen Robben.

Hanya sesaat kemudian, penonton yang memadati Stadion Veltins Arena semakin membisu setelah kubu tamu memperbesar keunggulan. Pemain terbaik Eropa 2013, Franck Ribery beraksi menyisir sayap kiri sebelum menyodorkan bola kepada gelandang bertahan David Alaba, yang lantas mengirimkan umpan silang terukur untuk dituntaskan penyerang Munchen, Mandzukic. Itu adalah gol keempat striker Kroasia tersebut di Bundesliga musim ini.

Tidak menghadirkan ancaman berarti buat Bayern, Schalke malah kebobolan untuk kali ketiga pada menit ke-72, saat David Alaba bertindak sebagai kreator gol. Pemuda Austria tersebut memberi umpan datar kepada Franck Ribery, dan bola tendangan Ribery memberi gol ketiga Munchen.

Schalke bahkan semakin terpuruk setelah jala gawang Timo Hildebrand bergetar lagi enam menit sebelum bubaran. Gol keempat sekaligus pengunci skor akhir 4-0 untuk Bayern ini terkreasi atas peran dua pemain pengganti. Claudio Pizarro, yang menggantikan Mandzukic, mencetak gol lewat tendangan pelan, dan bola menembus jala Schalke untuk keempat kalinya, sebelumnya Pizarro menerima bola hasil umpan Thomas Muller, yang masuk menggantikan Arjen Robben.

Seusai pertandingan pemain Munchen bersukacita, karena pada saat bersamaan Borussia Dortmund ditahan Nurmberg 1-1, ini artinya mereka pada posisi teratas liga Jerman dengan 11 poin, dan Borussia Dortmund pada posisi kedua.

Susunan Pemain:
Schalke (4-2-3-1): Hildebrand; Uchida, Howedes, Matip, Aogo; Jones, Neustadter; Farfan, KP Boateng, Draxler; Szalai.
Cadangan: Fahrmann; Felipe Santana, Meyer, Goretzka, Clemens, Hoger, Ayhan.
Bayern (4-1-4-1): Neuer; Rafinha, J. Boateng, Dante, Alaba; Lahm; Robben, Schweinsteiger, Kroos, Ribery; Mandzukic.
Cadangan: Starke; Van Buyten, Shaqiri, Pizarro, Kirchhoff, Muller, Contento.

Hasil pertandingan lainnya: Hamburg 0-2 Bremen, Hannover 2-1 Augsburg, Mainz 1-4 Bayer Leverkusen, Nurmberg 1-1 Borussia Dortmund, Wolfsburg 2-1 Hoffenheim (goal.com/ fcbayern.telekom.de)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home