Loading...
BUDAYA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 18:25 WIB | Kamis, 04 Desember 2014

Lukisan Karya Turner Terjual Rp 979,9 Miliar

Lukisan karya Joseph Mallord William Turner berjudul Roma, dari Gunung Aventine. (Foto: telegraph.co.uk)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Sebuah lukisan cat minyak besar yang menggambarkan Roma karya JMW Turner terjual dengan harga tertinggi untuk karya seniman Inggris yang dilelang di London, Rabu (3/12).

"Rome, from Mount Aventine" (“Roma, dari Gunung Aventine”), menggambarkan sungai di ibu kota Italia yang diterpa sinar matahari pagi, terjual seharga 30,3 juta pound (sekitar Rp 979,9 miliar) di pelelangan Sotheby's.

Empat penawar bersaing untuk mendapatkan lukisan keluaran 1835 tersebut, digambarkan Sotheby's sebagai salah satu “prestasi tertinggi” Turner. Identitas pembelinya tidak diungkap.

“Lukisan ini, yang usianya hampir 200 tahun, terlihat seolah-olah baru keluar langsung dari papan lukisan senimannya,” kata Alex Bell dari departemen lukisan tua di Sotheby's.

Itu adalah harga tertinggi untuk karya dari sebelum abad ke-20 oleh seorang seniman Inggris dan mengalahkan rekor sebelumnya untuk lukisan Turner – 29,7 juta pound (sekitar Rp 572,9 miliar) yang dibayarkan untuk “Modern Rome - Campo Vaccino” pada 2010.

Sebelumnya "Rome, from Mount Aventine" hanya berpindah tangan sekali pada tahun 1878, ketika itu dibeli 6.000 pound oleh Earl of Rosebery V, yang kemudian menjadi Perdana Menteri.
 
Pada 1836, media London saat itu Morning Post menggambarkan karya itu sebagai salah satu lukisan yang menakjubkan.
 

Joseph Mallord William Turner dibaptis 14 Mei 1775 tetapi tanggal lahir pastinya tidak diketahui, Turner sendiri mengaku ia lahir pada tanggal 23 April, tetapi tidak ada bukti. 

Turner dikenal sebagai pelukis lanskap Romantis dan seniman grafis. Dia dianggap sebagai tokoh kontroversial pada zamannya, namun kini dianggap sebagai pelukis yang mengangkat pamor lukisan pemandangan.

Meskipun terkenal karena lukisan minyaknya, Turner juga merupakan salah satu empu lukisan lanskap dengan cat air. Ia dikenal sebagai "pelukis cahaya" dan karyanya dianggap sebagai pengantar aliran Romantis ke Impresionisme. Beberapa karyanya menjadi contoh seni abstrak sebelum diakui di awal abad kedua puluh. 

Joseph Mallord William Turner meninggal pada tanggal 19 Desember 1851. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home