Loading...
SAINS
Penulis: Bayu Probo 16:19 WIB | Jumat, 16 Januari 2015

Marissa Mayer: 20 Persen Waktu Google adalah Omong Kosong

CEO Yahoo! Marissa Mayer. (Foto: technontech.com)

LOS ANGELES.COM – Pemimpin Eksekutif Yahoo, Marissa Mayer membuka rahasia Google. “20% waktu bebas dalam seminggu untuk karyawan melakukan proyek pribadi, sebenarnya omong kosong,” kata pencipta e-mail Google, Gmail, ini.

Pada Rabu (14/1) Nicholas Carlson, jurnalis Business Insider dan penulis buku Marissa Mayer and the Fight to Save Yahoo! menulis di akun media sosialnya, LinkedIn, tentang tulisannya di media bisnis terkemuka tempat ia bekerja.

“Aku menulis laporan eksklusif untuk Business Insider. Berita itu adalah salah satu kebijakan sumber daya manusia  paling terkenal di Silicon Valley tidak mungkin benar-benar ada. Ini kata CEO Yahoo Marissa Mayer,” Carlson menulis.

Hampir sejak awal, Google memiliki kebijakan yang terkenal disebut “Waktu 20%”.

Di bawah kebijakan ini, karyawan bisa bekerja pada proyek-proyek pribadi apa pun yang mereka inginkan selama seperlima dari seminggu mereka—sepanjang hari.

Sepertinya, banyak produk besar Google keluar dari hasil “Waktu 20%”. Salah satunya Anda pasti pernah mendengar adalah Gmail.

Kebijakan “Waktu 20%” dianggap begitu sukses di Google. Akibatnya, kebijakan seperti itu menyebar ke beberapa perusahaan lain di Silicon Valley, dari LinkedIn ke Google.

Tapi ini kenyataannya. “Waktu 20%” tidak benar-benar ada di Google. Tidak menurut Mayer, mantan karyawan Google.

“Saat melakukan pelaporan untuk buku baru saya, Marissa Mayer and the Fight to Save Yahoo! Saya belajar bahwa pada musim semi 2013, Mayer berdiri di panggung selama pertemuan semua karyawan di Yahoo dan mengungkapkan omong kosong “Waktu 20%” itu,” Carlson melanjutkan.

Mayer telah mengumumkan sesuatu yang disebut CEO Challenge—sebuah inisiatif, yaitu tim yang datang dengan ide-ide baru produk keren akan mendapatkan bonus spot US$ 250.000 (Rp 3,1 miliar). Mayer memperingatkan karyawan Yahoo untuk tidak menggarap produk CEO Challenge. Tetapi, mereka harus melakukan pekerjaan rutin mereka.

“Ini lucu,” kata Mayer. “Orang-orang telah meminta saya sejak saya tiba di sini, 'Kapan Yahoo akan memiliki Waktu 20%?'“

“Aku harus memberi tahu Anda rahasia kecil yang kotor dengan “Waktu 20%  Google”. Sebenarnya, yang benar adalah Waktu 120%.”

“Waktu 20%” atau disebut Google’s 20% Time, menurut perempuan kelahiran 30 Mei 1975 ini, “Waktu 20%” bukanlah proyek yang dapat Anda lakukan tanpa melakukan pekerjaan rutin Anda selama satu hari setiap minggu. Ini “hal-hal yang Anda harus lakukan di luar pekerjaan rutin Anda.”

Tentang Marissa Mayer, baca juga:


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home