Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 10:45 WIB | Sabtu, 13 Juni 2015

Mendag: Produk Lokal Harus Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

Mendag: Produk Lokal Harus Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri
Menteri Perdagangan Rachmat Gobel saat membuka Pameran Sayur dan Buah Lokal Mall to Mall di Alam Sutera Mall Banten, Jumat (12/6). (Foto-foto: Diah A.R)
Mendag: Produk Lokal Harus Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri
Salah satu produk pertanian yaitu cabai rawit, cabai merah, dan cabai olahan yang juga dijual di Pameran Sayur dan Buah Lokal Mall to Mall di Paviliun Alam Sutera Mall.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Banyaknya produk pangan impor membuat produk lokal tergusur karena kalah bersaing baik dari kualitas maupun harga. Karena itu, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel menginginkan produk lokal seperti buah dan sayuran harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

“Ini bukan masalah segmentasi (target pasar). Tapi, bagaimana produk kita menjadi tuan rumah di negara kita sendiri. Khususnya ini menyangkut petani,” kata Rachmat saat membuka Pameran Sayur dan Buah Lokal Mall To Mall di Mall Alam Sutera Banten, Jumat (12/6).

Menurutnya, menempatkan produk petani dalam negeri di pusat perbelanjaan akan mampu meningkatkan rasa percaya diri dan kebanggaan para petani. Setelah bangga hasil taninya dipamerkan di mal, Mendag percaya bahwa para petani tersebut akan lebih produktif dan meningkatkan kualitas pertaniannya.

Selain peningkatan kualitas dari petani, rencananya Mendag juga akan meminta masukan atau saran dari konsumen terkait kualitas buah atau sayuran apa yang diinginkan. Kemudian, saran tersebut akan disampaikan kepada Kementerian Pertanian untuk ditindaklanjuti.

“Hanya dengan cara itulah kita bisa membangun produksi dengan cara interaksi,” kata dia.

Dengan adanya kegiatan pameran sayur dan buah lokal di pusat perbelanjaan ini, Mendag berharap nantinya produk lokal pertanian akan lebih dikenal dan menjadi pemasok tetap di mal tersebut sehingga masyarakat akan mengonsumsi buah dan sayuran lokal ketimbang impor. Tentunya, upaya ini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menjaga pasar domestik.

Pameran Sayur dan Buah Lokal Mall to Mall

Pameran Sayur dan Buah Lokal Mall to Mall ini diselenggarakan dari 12 Juni 2015 hingga akhir Oktober 2015. Penyelenggaraan tahun ini direncanakan terdapat di 15 pusat perbelanjaan yang masuk dalam keanggotaan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) yang tersebar di tiga Dewan Pengurus Daerah (DPD) APPBI di Indonesia.

DPD APPBI pertama, Provinsi DKI Jakarta, akan ada delapan pusat perbelanjaan yang akan menggelar pameran tersebut. Di antaranya Mal Kelapa Gading, Pondok Indah Mall, Gandaria City, Cilandak Town Square, Senayan City, Tamini Square, Mal Puri Indah, dan Mal Kota Kasablanka.

DPD APPBI Provinsi Banten, ada tiga pusat perbelanjaan yaitu Mall Alam Sutera, Summarecon Mal Serpong, dan Bintaro Xchange Mall.

DPD APPBI yang ketiga adalah Provinsi Jawa Barat, meliputi Summarecon Mall Bekasi, Margo City, Depok Town Square, dan Metropolitan Mall.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home