Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 16:05 WIB | Rabu, 21 Oktober 2015

Mendag: TEI Bantu Tingkatkan Akses Pasar

Menteri Perdagangan RI Thomas Trikasih Lembong saat membuka Trade Expo Indonesia 2015 di Jakarta International Expo Kemayoran Jakarta Pusat, hari Rabu (21/10). (Foto: kemendag.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Indonesia kembali menggelar ajang pameran promosi dagang terbesar dan berskala internasional Trade Expo Indonesia (TEI) 2015 yang ke-30 kalinya di Jakarta International Expo Kemayoran Jakarta Pusat pada 21-25 Oktober 2015. Menteri Perdagangan RI Thomas Trikasih Lembong menyatakan Trade Expo Indonesia adalah instrumen penting dalam mempromosikan produk Indonesia ke pasar dunia.

“TEI merupakan salah satu alat meningkatkan akses pasar dan diversifikasi pasar tujuan utama ekspor, khususnya pasar non-tradisional dan emerging market. Seperti tahun sebelumnya TEI tahun 2015 berfokus pada transaksi Business to Business (B2B),” kata Lembong di TEI 2015 yang mengusung tema Sourcing at Remarkable Indonesia, hari Rabu (21/10).

Kemendag berupaya untuk membuat program promosi ini lebih efektif yaitu dengan cara mendatangkan pembeli potensial dari luar negeri melalui kerja sama dengan Kementerian Luar Negeri seperti kantor perwakilan RI di luar negeri seperti KBRI, Atase Perdagangan, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC), International Trade Promotion Office serta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) negara-negara sahabat.

“Upaya diversifikasi pasar selama ini terus dilakukan Kemendag dan terlihat bahwa hingga saat ini daftar delegasi buyers terbanyak berasal dari pasar internasional, antara lain Nigeria, India, Arab Saudi, Bangladesh dan Malaysia,” kata Lembong.

TEI tahun ini menempati lahan pameran seluas 50.000 m2, lebih luas dibanding tahun lalu yang hanya seluas 40.000 m2 dan tingkat okupansi kepesertaan sebanyak 99 persen dari target. Produk-produk yang dipamerkan antara lain produk manufaktur (otomotif, alas kaki, tekstil, household appliances, building materials, housewares, consumer goods, produk kertas, alat kesehatan, produk karet, dan lain-lain), jasa profesi, furnitur dan home decoration, makanan olahan, produk perikanan, produk agrikultur, dan produk-produk kreatif lainnya. 

Paviliun “Pride of Indonesia” juga kembali hadir dengan produk-produk merek lokal kebanggaan Indonesia dan sudah diterima pasar global. Adapun Paviliun ASEAN yang hadir dengan stan informasi dari perwakilan negara-negara ASEAN lainnya, serta booth Asean Economic Community Center (AEC Center) untuk menyambut pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan dimulai Desember 2015. 

Rangkaian Kegiatan TEI 2015

Pada hari pertama pembukaan TEI 2015, beberapa kontrak dagang dengan nilai lebih dari USD 8 juta juga berhasil dibukukan. Penandatanganan kontrak dagang dilakukan antara tujuh eksportir Indonesia dengan lima buyers, yaitu PT. Cipta Panel Buana dengan Kohnan Shoji Co., Ltd. asal Jepang, PT. Anggana Catur Prima dengan JANS Enterprises asal Amerika, PT. Perkebunan Nusantara VIII dengan Kong Wooi Fong Tea Merchant Sdn. Bhd asal Malaysia, Sinar Sosro dengan Eastern Cross Trading Pty. Ltd. asal Australia, CV Intrafood dengan Eastern Cross Trading Pty Ltd asal Australia, PT. Bamboe Indonesia dengan Eastern Cross Trading Pty Ltd asal Australia, dan PT. Inti Bintang Mas Perkasa dengan Canejava Pty Ltd asal Australia.

Beberapa kegiatan lainnya adalah Seminar Trade, Tourism and Investment (TTI) untuk memberikan informasi kepada eksportir, pembeli dan investor dalam memanfaatkan peluang perdagangan internasional dan investasi. Kemudian, Regional Discussion diadakan untuk memberikan informasi produk-produk potensial dan akses pasar luar negeri dan isu perdagangan internasional.

Selain itun Business Counselling juga dilakukan untuk memberikan informasi akses dan penetrasi pasar ke luar negeri kepada para eksportir dan Business Matching diadakan untuk mempertemukan calon pembeli dengan eksportir Indonesia yang tepat sesuai dengan produk yang dicari.

“Kami berharap TEI tahun ini akan mampu menghasilkan lebih banyak lagi kerja sama perdagangan antara eksportir Indonesia dan para buyer sehingga secara langsung dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan kinerja ekspor nasional,” kata Lembong.

 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home