Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:42 WIB | Kamis, 27 November 2014

Menhub: APBN Sebaiknya untuk Bangun Jalur Kereta di Luar Jawa

Menhub Ignasius Jonan (Foto: Dok satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan APBN sebaiknya diprioritaskan untuk membangun infrastruktur transportasi di daerah yang masih tertinggal dari kota besar. Salah satunya, dana APBN bisa digunakan untuk membangun jalur kereta di luar Pulau Jawa.

“Sebaiknya ada jalur kereta di lima pulau besar di Indonesia. Masih kurang empat lagi kan (yang perlu dibangun dan dikembangkan jalur kereta api), yaitu Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua,” demikian disampaikan Menhub saat memberikan keterangan pers kepada wartawan, Rabu (26/11) di Kantor Kemenhub Jakarta.

Saat ditanya wartawan perihal pembangunan rel kereta ekspres Bandara dan kereta api cepat Jakarta-Surabaya, Menhub Jonan mengatakan sebaiknya kedua proyek tersebut tidak dibangun dengan biaya APBN sama sekali.

“Kalau swasta mau (membangun jalur kereta ekspres bandara), dibangun saja sekalian. Kalau kereta cepat Jakarta-Surabaya mau dibangun swasta seluruhnya, silakan saja, asal jangan (menggunakan) APBN,” dia menjelaskan. 

Terkait pembiayan APBN dalam membangun suatu infrastuktur itu, Jonan berpendapat harus berkeadilan untuk seluruh wilayah Indonesia dan sebaiknya digunakan untuk daerah yang masih tertinggal dari kota besar. (dephub.go.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home