Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 19:14 WIB | Selasa, 14 Juli 2015

Menperindag Singapura Optimistis Ekonomi Tidak Alami Deflasi

Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Lim Hng Kiang. (Foto: thehindu.com)

SINGAPURA, SATUHARAPAN.COM – Perekonomian Singapura tidak sedang mengalami deflasi dan tidak akan tergelincir ke dalam deflasi. Hal ini ditegaskan oleh Menteri Perindustrian dan Perdagangan Singapura, Lim Hng Kiang  dalam jawaban tertulis atas pertanyaan parlemen pada hari Senin (13/7).

Seperti diberitakan channelnewsasia.com, Selasa (14/7) Lim Hng Kiam menjelaskan, kendati Indeks Harga Konsumen (Consumer Price Index, CPI) menunjukkan inflasi rata-rata -0,4 persen (yoy) pada lima bulan pertama tahun ini, angka tersebut bukan merupakan indikasi deflasi karena penurunan harga terjadi dalam basis yang luas dan diharapkan tidak berlangsung seterusnya.

Menurut dia, tingkat inflasi yang negatif itu menggambarkan tiga faktor. “Faktor pertama yakni rendahnya harga kendaraan pribadi dan persewaan, yang memberikan kontribusi untuk penurunan 0,7 poin persentase di semua produk yang terimbas inflasi dalam rata-rata dalam lima bulan pertama tahun ini. Kemudian, penurunan harga minyak global secara tajam sejak akhir 2014, yang telah mewarnai banyak harga domestik barang yang berhubungan dengan minyak, termasuk bensin, listrik dan gas. Yang ketiga, dampak disinflasi dari rangkaian langkah-langkah anggaran diperkenalkan pemerintah untuk membantu rumah tangga mengatasi biaya hidup, termasuk perangkat tambahan untuk subsidi kesehatan dan pembebasan biaya ujian nasional,” kata Lim Hng Kiang.  

Lim melanjutkan, efek peredam dari harga minyak yang lebih rendah dan kebijakan anggaran diharapkan akan berkurang. Hal itu diperkuat pula oleh harga minyak patokan Brent baru-baru ini yang telah naik dari US$ 49 menjadi US$ 69. Selain itu ekspektasi pasar menunjukkan harga akan bertahap naik pada 2016.

Dia mengatakan untuk tahun 2015 secara keseluruhan, Inflasi Inti dan Indeks Harga Konsumen semua produk diharapkan berkisar dari rata-rata 0,5 persen hingga 1,5 persen dan  -0,5 persen hingga 0,5 persen.  

Singkatnya, penilaian Kementerian Perdagangan dan Industri dan Otoritas Keuangan Singapura adalah bahwa perekonomian Singapura tidak mengalami deflasi juga tidak mungkin untuk tergelincir ke dalam deflasi.

“Kami (Kementerian Perdagangan dan Perindustrian Singapura dan Otoritas Keuangan Singapura)  akan terus memonitor perkembangan harga dalam perekonomian,” kata dia. (channelnewsasia.com).

Editor : Eben E. Siadari

 

Ikuti berita kami di Facebook


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home