Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:44 WIB | Sabtu, 22 April 2023

Menteri: Ukraina Akan Kalahkan Rusia dalam Perang Teknologi

Menteri Transformasi Digital Ukraina, Mykhailo Fedorov, memberi isyarat saat konferensi pers di konferensi teknologi Web Summit di Lisbon, Portugal, Kamis, 3 November 2022. Saat pasukan Ukraina dan Rusia bertempur dalam pertempuran konvensional di garis depan, perang besar pertama Eropa di era internet juga telah memicu perang teknologi karena kedua belah pihak bersaing untuk mendapatkan keuntungan dengan drone dan komunikasi satelit mereka. Menteri Ukraina yang bertanggung jawab atas teknologi mengatakan hari Jumat, 21 April 2023, bahwa dia yakin negaranya memiliki motivasi dan kemampuan untuk melampaui inovasi Rusia pada akhirnya. (Foto: dok. AP/Armando Franca)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Ketika pasukan Ukraina dan Rusia bertempur dalam pertempuran konvensional di garis depan, perang besar pertama Eropa di era internet juga telah memicu perang teknologi, karena kedua belah pihak bersaing untuk mendapatkan keuntungan dengan drone dan komunikasi satelit mereka.

Sementara kedua belah pihak telah mengimbangi satu sama lain sejauh ini, menteri Ukraina yang bertanggung jawab atas teknologi mengatakan kepada The Associated Press dalam sebuah wawancara pada hari Jumat (21/4) bahwa dia yakin negaranya memiliki motivasi dan kemampuan untuk melampaui inovasi Rusia pada akhirnya.

Mykhailo Fedorov, Menteri Transformasi Digital Ukraina, mengatakan pesawat udara tak berawak (UAV) atau drone, peperangan elektronik, komunikasi satelit, dan teknologi lainnya telah menjadi bagian mendasar dari perang dengan Rusia yang dimulai lebih dari setahun lalu.

“Teknologi memungkinkan artileri tradisional dan modern menjadi lebih akurat, dan membantu menyelamatkan nyawa tentara kita,” katanya. "Ketika Anda memiliki 'mata' pada Anda, Anda dapat membuat keputusan yang lebih efektif tentang mengelola pasukan Anda."

Dia mengakui bahwa Rusia juga menyadari pentingnya teknologi di medan perang, dan secara aktif mengembangkan dan meningkatkannya sendiri.

“Setiap hari, ada UAV baru di medan perang dari pihak kami dan pihak Rusia,” kata Fedorov. “Kami melihat jenis drone apa yang mereka miliki. Kami menerima, membongkar, dan mempelajarinya.”

Dia mengatakan pemerintah sedang merencanakan investasi dalam proyek teknologi baru untuk mendorong persaingan dan inovasi lebih lanjut.

“Dalam perang teknologi ini kita pasti menang,” katanya. “Bahkan jika kurang dari 50-60% dari proyek yang didukung akan memberikan hasil tertentu, itu dapat menentukan di medan perang.”

Dalam beberapa pekan terakhir, antisipasi kemungkinan serangan balik Ukraina di musim semi ini telah meningkat. Fedorov mengatakan tidak mungkin membayangkan operasi yang efisien tanpa teknologi di medan perang.

Ukraina belum melakukan operasi besar untuk membebaskan wilayah pendudukan sejak merebut kembali kota Kherson dan bagian dari provinsi sekitarnya November lalu. Namun, frekuensi serangan drone yang dilaporkan di Rusia telah meningkat.

Selama beberapa bulan terakhir, serentetan serangan pesawat tak berawak telah menargetkan wilayah di Rusia selatan dan barat, yang mencerminkan meningkatnya jangkauan militer Ukraina. Setelah setiap serangan, otoritas Rusia menyalahkan Ukraina, tetapi pejabat Ukraina berhenti secara terbuka mengklaim bertanggung jawab. Sebaliknya, mereka menekankan hak untuk menyerang sasaran apa pun sebagai tanggapan atas agresi Rusia.

Fedorov mengatakan efek perang drone Ukraina dapat dilihat dalam tindakan Rusia, mencatat bahwa Rusia kini telah mulai memindahkan peralatan lapis baja lebih jauh dari garis depan. “Ada peristiwa tertentu yang telah mengubah situasi, tetapi kami terus mengukur pengalaman yang bermanfaat ini,” katanya, tetapi menolak untuk menyebutkan detailnya.

Mengomentari pertempuran untuk kota Bakhmut, perang terpanjang sejauh ini, Fedorov mengatakan bahwa "penggunaan teknologi sangat berharga dalam situasi seperti itu."

“Ketika Anda memiliki sumber daya artileri, senjata, amunisi, dan drone penyerang yang terbatas, Anda harus seakurat mungkin,” katanya. Akurasi ini dapat dicapai khususnya dengan drone.

Namun, dengan garis depan sepanjang ribuan kilometer, senjata berat dan peralatan lapis baja tradisional untuk peperangan tetap penting, kata Fedorov. Teknologi dapat membantu Ukraina menemukan target potensial, tetapi tentara tidak dapat menyerang semuanya karena kekurangan artileri dan amunisi yang diperlukan, tambahnya.

Pengiriman bantuan yang dijanjikan dari negara-negara mitra tetap “kritis,” kata menteri yang bertanggung jawab atas teknologi. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home