Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 14:47 WIB | Sabtu, 08 April 2023

Meski Ditentang Gereja, Warga Gelar Ritual Penyaliban pada Jumat Agung di Filipina

Meski Ditentang Gereja, Warga Gelar Ritual Penyaliban pada Jumat Agung di Filipina
Ruben Enaje dipaku di kayu salib saat memperagakan kembali penderitaan Yesus Kristus sebagai bagian dari ritual Jumat Agung pada hari Jumat, 7 April 2023, di desa San Pedro, Cutud, Provinsi Pampanga, Filipina utara. Penyaliban di kehidupan nyata, tradisi Jumat Agung berdarah yang ditolak oleh gereja Katolik, dilanjutkan di desa pertanian ini setelah jeda tiga tahun karena pandemi virus corona. (Foto-foto: AP/Aaron Favila)
Meski Ditentang Gereja, Warga Gelar Ritual Penyaliban pada Jumat Agung di Filipina
Umat dan turis menyaksikan Ruben Enaje, tengah, tetap di kayu salib di samping dua pendosa lainnya selama peragaan kembali penderitaan Yesus Kristus sebagai bagian dari ritual Jumat Agung 7 April 2023 di desa San Pedro, Cutud, provinsi Pampanga, Filipina utara.

MANILA, SATUHARAPAN.COM-Delapan orang Filipina dipakukan di salib untuk memperagakan kembali penderitaan Yesus Kristus dalam tradisi Jumat Agung yang menarik ribuan umat dan turis ke Filipina meskipun ditolak oleh gereja Katolik.

Penyaliban dalam kehidupan nyata di desa pertanian San Pedro Cutud di Provinsi Pampanga utara Manila dilanjutkan setelah jeda tiga tahun karena pandemi virus corona. Sekitar selusin penduduk desa mendaftar tetapi hanya delapan pria yang berpartisipasi, termasuk pelukis berusia 62 tahun, Ruben Enaje, yang dipaku di kayu salib untuk ke-34 kalinya di San Pedro Cutud.

Dalam konferensi pers tak lama setelah penyaliban singkatnya, Enaje mengatakan dia berdoa untuk pemberantasan virus COVID-19 dan berakhirnya invasi Rusia ke Ukraina, yang telah menyebabkan harga gas dan pangan melonjak di seluruh dunia.

“Hanya dua negara yang terlibat dalam perang itu, Rusia dan Ukraina, tetapi kita semua terkena dampaknya,” kata Enaje, yang tampak sehat dan menunjukkan kedua tangannya yang diperban kepada wartawan.

Ayah empat anak itu mengatakan dia ingin mengakhiri penyesalannya yang luar biasa karena usianya, tetapi akan memutuskan dengan pasti sebelum Prapaskah tahun depan. Meski rasa sakit akibat paku tidak sekuat yang diperkirakan, dia mengatakan dia selalu merasa gelisah sebelum penyaliban.

“Sejujurnya, saya selalu merasa gugup karena saya bisa mati di kayu salib,” katanya kepada The Associated Press sebelum pemakuan hari Jumat (7/4).

“Ketika saya dibaringkan di kayu salib, tubuh saya mulai terasa dingin,” katanya. “Ketika tangan saya terikat, saya hanya memejamkan mata dan berkata pada diri sendiri, 'Saya bisa melakukan ini. Aku bisa melakukan ini.'"

Bertahan hampir tanpa cedera ketika jatuh dari gedung tiga lantai pada tahun 1985 mendorong Enaje untuk menjalani cobaan itu sebagai ucapan syukur atas apa yang dianggapnya sebagai keajaiban. Dia memperpanjang ritual setelah orang-orang terkasih sembuh dari penyakit serius, satu demi satu, mengubahnya menjadi selebriti desa sebagai "Kristus" dalam pemeragaan Jalan Salib Prapaskah.

Menjelang penyaliban mereka di atas bukit berdebu, Enaje dan para penyembah lainnya, mengenakan mahkota ranting berduri, membawa salib kayu yang berat di punggung mereka selama lebih dari satu kilometer dalam panas terik. Aktor desa yang berpakaian seperti perwira Romawi kemudian memakukan paku baja tahan karat berukuran empat inci (10 sentimeter) melalui telapak tangan dan kakinya, kemudian meletakkannya di atas salib di bawah matahari selama sekitar 10 menit.

Para pendosa lainnya berjalan tanpa alas kaki melalui jalan-jalan desa dan memukuli punggung mereka yang telanjang dengan batang bambu tajam dan potongan kayu. Beberapa peserta di masa lalu mengiris punggung para pendosa dengan menggunakan pecahan kaca untuk memastikan ritual tersebut cukup berdarah.

Tontonan mengerikan ini mencerminkan ciri khas Katolik Filipina, yang menggabungkan tradisi gereja dengan takhayul rakyat.

Banyak orang yang kebanyakan miskin menjalani ritual untuk menebus dosa, berdoa untuk orang sakit atau untuk kehidupan yang lebih baik, dan bersyukur atas keajaiban.

Para pemimpin gereja di Filipina tidak menyukai penyaliban dan pencambukan diri, dengan mengatakan bahwa orang Filipina dapat menunjukkan iman mereka yang dalam dan pengabdian religius tanpa melukai diri mereka sendiri dan sebagai gantinya melakukan pekerjaan amal, seperti menyumbangkan darah.

Robert Reyes, seorang imam Katolik terkemuka dan aktivis hak asasi manusia di negara itu, mengatakan ritus berdarah mencerminkan kegagalan gereja untuk sepenuhnya mendidik banyak orang Filipina tentang ajaran Kristen, membiarkan mereka sendiri mencari cara pribadi untuk mencari bantuan ilahi untuk segala macam penyakit.

Katolik rakyat telah tertanam kuat dalam budaya agama lokal, kata Reyes, mengutip prosesi kacau patung hitam Yesus Kristus yang disebut Black Nazarene setiap Januari, yang menurut pihak berwenang menarik lebih dari satu juta umat setiap tahun di salah satu festifal agama terbesar di Asia. Banyak yang membawa handuk untuk diseka pada patung kayu, percaya itu memiliki kekuatan untuk menyembuhkan penyakit dan memastikan kesehatan yang baik dan kehidupan yang lebih baik.

“Pertanyaannya adalah, di manakah kita orang-orang gereja ketika mereka mulai melakukan ini?” tanya Reyes, dengan mengatakan bahwa pendeta harus lebih banyak terlibat dalam komunitas dan berkomunikasi secara teratur dengan penduduk desa. "Jika kita menghakimi mereka, kita hanya akan mengasingkan mereka."

Tradisi penyaliban selama beberapa dekade, sementara itu, telah menempatkan San Pedro Cutud yang miskin, salah satu dari lebih dari 500 desa di Provinsi Pampanga yang menanam padi, di peta.

Penyelenggara mengatakan lebih dari 15.000 turis asing dan Filipina serta umat berkumpul untuk pemakuan salib di Cutud dan dua desa terdekat lainnya. Ada suasana meriah saat penduduk desa menjajakan air minum, topi, makanan, dan barang-barang keagamaan, dan polisi serta marsekal menjaga ketertiban.

“Mereka menyukai ini karena benar-benar tidak ada yang seperti ini di dunia ini,” kata Johnson Gareth, penyelenggara tur asal Inggris, yang membawa 15 wisatawan dari delapan negara, termasuk Amerika Serikat, Kanada dan Jerman, untuk menyaksikan penyaliban. “Ini tidak seseram yang dipikirkan orang. Mereka pikir itu akan menjadi sangat mengerikan atau sangat menjijikkan tetapi tidak. Itu dilakukan dengan cara yang sangat terhormat.”

Di masa lalu, Gareth mengatakan turis "benar-benar terinspirasi dan saya pikir mereka pergi dengan rasa hormat yang baru ditemukan terhadap kepercayaan orang." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home