Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 09:26 WIB | Senin, 14 November 2016

Militer Irak Rebut Kembali Nimrud dari ISIS

Anak-anak berkumpul di sebelah kendaraan pasukan Irak yang tengah berpatroli di desa Jarif, sekitar 45 kilometer selatan Mosul pada 12 November 2016, setelah direbuut kembali dari ISIS. (Foto: Safin Hamed/AFP)

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM – Militer Irak pada Minggu (13/11) mengatakan bahwa tentara di selatan Mosul telah merebut kembali wilayah Nimrud, tempat terletaknya sebuah kota Assyria kuno yang dibom oleh ISIS.

“Unit Divisi Pasukan Lapis Baja ke-9 membebaskan Nimrud dan mengibarkan bendera Irak di atas sejumlah gedung,” kata Komando Operasi Gabungan Irak (Joint Operations Command/JOC) dalam sebuah pernyataan, mengutip seorang perwira tinggi militer.

JOC tidak menyebutkan secara detail mengenai situs purbakala Nimrud itu, yang terletak lebih dari satu kilometer di barat desa yang juga bernama Nimrud.

Pasukan Irak yang ingin mengusir ISIS dari Mosul juga merebut sebuah desa lainnya di tenggara Nimrud, yang ditemukan pada abad ke-13 dan merupakan salah satu pusat terbesar Timur Tengah kuno.

Kota tersebut menjadi ibu kota kerajaan Assyria, yang penguasanya membangun istana-istana besar dan monumen, yang menarik para arkeolog dari seluruh dunia selama lebih dari 150 tahun.(AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home