Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 19:55 WIB | Kamis, 28 Januari 2016

Nazir: Empat Kabupaten Prioritas Restorasi Gambut

Kepala Badan Restorasi Gambut, Nazir Foead. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kepala Badan Restorasi Gambut, Nazir Foead, menyatakan terdapat empat kabupaten yang menjadi prioritas dalam restorasi gambut setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan terbentuknya badan tersebut pada Rabu, 13 Januari.

"Ada empat kabupaten yang jadi prioritas. Pertama di Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Meranti, Riau dan dua kabupaten di Sumatera Selatan, yaitu di Ogan Komering Ilir (OKI) dan Musi Banyuasin," kata Nazir di Jakarta, Kamis (28/1).

Nazir mengemukakan hal itu di sela-sela Konferensi Pers Terkait Urgensi Isu Perubahan Iklim dan Rencana Pelaksanaan Festival Iklim di kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Menurut Nazir, empat kabupaten tersebut yang terparah mengalami kebakaran lahan tahun lalu sehingga menjadi daerah pemula yang dilakukan restorasi gambut.

Sebelumnya diberitakan bahwa pemerintah akhirnya mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang pembentukan Badan Restorasi Gambut untuk mencegah kebakaran lahan gambut di masa mendatang.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar di Jakarta, Rabu (27/1) mengatakan, Perpres Nomor 1 Tahun 2016 itu terbit 6 Januari.

"Sebetulnya (Badan Restorasi Gambut) sebagian besar tugasnya itu menata lanskap ekologi yang namanya gambut, yang ingin ditata, dia harus selamat dan tidak boleh terbakar dan membuat kebakaran," katanya.

Ia menjelaskan lembaga tersebut nantinya bertugas menjaga, mengelola, dan merestorasi lahan gambut.

Menurut dia, ada dua sampai tiga juta hektare lahan gambut yang akan direstorasi.

Upaya itu akan dilakukan dengan melibatkan sejumlah lembaga atau kementerian, termasuk Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Pertanian, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.(Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home