Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 11:37 WIB | Senin, 14 Mei 2018

Pameran Seni Rupa "C5" di Studio Kalahan

Pameran Seni Rupa "C5" di Studio Kalahan
Pengunjung menyaksikan karya fotografi Nofria Doni Fitri "Pintu Angin Baun Berbisik" (kanan) dan "Hutan Pagar Hidup" (kiri) pada pembukaan pameran "C5", Sabtu (13/5) malam di Studio Kalahan. (Foto-foto: Moh. Jauhar al-Hakimi)
Pameran Seni Rupa "C5" di Studio Kalahan
Karya lukisan kaca "Refleksi #2" - enamel di atas kaca - 100 cm x 80 cm - Rina Kurniyati -2017.

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Sepuluh seniman-perupa menggelar pameran bersama di Studio Kalahan dengan beberapa merupakan presentasi eksperimen karya. Pameran yang akan berlangsung hingga 18 Mei dibuka Minggu (13/5) malam.

Syahrizal Koto yang biasanya memamerkan karya patung, selain sebuah karya tiga dimensi berjudul "Gejolak Rasa", Syahrizal menyertakan tiga lukisan abstrak. Selain Dwi Marianto yang memamerkan karya sketsa dan Rina Kurniyati dengan lukisan kaca, sebagian besar karya adalah lukisan abstrak Najib Amrullah, Iqrar Dinata, Laila Tifah, Tulus Warsito, Fitrajaya Nusananta, dan I Ketut Sugantika. Melengkapi sketsa yang menjadi kegemarannya, Dwi Marianto melengkapi dengan sebuah karya instalasi.

Medium kaca dengan lukisan superrealis menjadi eksplorasi Rina Kurniyati yang kuat. Dalam dua karya lukisan berjudul "Refleksi" dan "Refleksi #2" Rina menggunakan warna dengan kesulitan yang tinggi dimana lukisan tersebut tidak memiliki warna dasar sama sekali.

Tiga karya foto yang dibuat Nofria Doni Fitri juga menawarkan hal yang seolah keluar dari kebiasaan fotografi: karya yang jernih, fokus, sudut pengambilan yang menarik, serta komposisi (warna, bentuk). Dalam ketiga karyanya Nofria membuat keseluruhan obyek menjadi blur.

"Resonansi, konsep itu yang saya tawarkan." jelas Nofria Doni saat ditemui satuharapan.com pada pembukaan pameran "C5", Minggu (13/5) malam. Nofria Doni mencoba menangkap resonansi bunyi yang ada di sekitarnya dan merekam imaji dalam karya fotografinya. Di sebuah penggilingan padi Nofria Doni merekam imaji dalam karya berjudul "Bekas Heler" yang dicetak di atas kertas. Hal yang sama dilakukan pada dua karyanya berjudul "Pintu Angin Baun Berbisik" dan "Hutan Pagar Hidup". Tanpa adanya penjelasan karya, karya fotografi yang dibuat Nofria Doni sekilas mirip lukisan abstrak ataupun olah digital. Dua karya fotografi berjudul "Forest = hutan" masih dipamerkan di Bakaba #7 di Jogja Gallery.

Pameran seni rupa "C5" akan berlangsung hingga 18 Mei 2018 di Studio Kalahan  Jalan Patukan 50 RT 1 RW 20, Ambarketawang, Gamping, Sleman, Yogyakarta.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home