Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 10:29 WIB | Minggu, 15 Juni 2014

Pantai Gading Tumbangkan Negeri Matahari Terbit 2-1

Pantai Gading Tumbangkan Negeri Matahari Terbit 2-1
Cheick Tiote (Pantai Gading, kaus oranye) dihadang Yuya Osako (Jepang, kaus biru). (Foto: fifa.com).
Pantai Gading Tumbangkan Negeri Matahari Terbit 2-1
Klasemen sementara Grup C Piala Dunia 2014. (Sumber: fifa.com).

RECIFE, SATUHARAPAN.COM –Pantai Gading menaklukkan Jepang pada partai Grup C Piala Dunia yang berlangsung Minggu (15/6) pagi WIB di Stadion Arena Pernambuco, Recife, Brasil.

Menit keenam Jepang nyaris kecolongan, andai Pantai Gading berhasil mencetak gol lewat penyerang yang bermain di AS Roma, Gervinho. Mantan penyerang Arsenal itu meneruskan bola ke rekannya, Wilfried Bony, dan bola menuju Bony, tetapi saat melepaskan tembakan bola dapat dihalangi salah satu bek Jepang, Maya Yoshida.

Jepang meraih kesempatan pertama mencetak gol setelah umpan dari Shinji Okazaki membahayakan gawang Pantai Gading, bola masih disapu bersih Serge Aurier, hasilnya kembali tercipta tendangan penjuru.

Kali ini Yuto Nagatomo memberikan bola kepada orang yang tepat, karena Keisuke Honda berhasil memanfaatkan sodoran Nagatomo menembus jala Boubacar Barry yang sepanjang pertandingan sigap mengawal gawang Pantai Gading.

Menit ke-20 Jepang memiliki kesempatan untuk menggandakan keunggulan mereka saat Yoshida memenangkan bola dari Wilfried Bony, bola masih di dalam penguasaan Shinji Kagawa dan langsung mengoperkannya ke Uchida, walau di bawah pengawalan Geoffroy Serge Die, tetapi Uchida masih dapat melepaskan tendangan, walau tidak menghasilkan gol tambahan karena bola berada sepenuhnya dalam penguasaan Barry.

Pertandingan sepanjang babak pertama sempat dikuasai Pantai Gading, akan tetapi penguasaan bola berpindah ke Jepang sejak pasukan Alberto Zaccheroni ini unggul 1-0, salah satunya terlihat saat Jepang memiliki peluang menggandakan keunggulan menit ke-29 saat Okazaki memulai penyerangan dari sisi kanan dan berhasil menekan melewati bek Pantai Gading, Bamba. Dia memilih mengumpankan ke Yuya Osako di tengah, tapi bek Pantai Gading, Didier Zokora langsung mengatasi bahaya tersebut. Babak pertama usai dengan keunggulan Jepang 1-0.

Pantai Gading menggebrak pada babak kedua, ini terbukti pada menit ke-48 Wilfried Bony mendapat peluang menyamakan kedudukan, setelah menerima umpan penyerang yang bernaung di Lille, Salomon Kalou, sayang sekali bola tembakan Bony yang menyusur tanah itu melenceng dari jala Eiji Kawashima yang sigap mengawal gawang Jepang.

Negeri matahari terbit tidak kalah gertak, dua menit kemudian Makoto Hasebe berhasil merebut bola dari Serge Die, dan menggiring bola mendekati kotak penalti Jepang, dan mencoba peruntungannya dengan menembak bola langsung, akan tetapi melebar dari jala Boubacar Barry.

Wilfried Bony yang sehari-hari bersama Swansea City di Liga Inggris akhirnya berhasil membayar rasa penasarannya dengan mencetak gol penyeimbang bagi Pantai Gading menit ke-64. Bony berterima kasih kepada Serge Aurier dari sebelah kanan penyerangan Pantai Gading, dan dengan sekali sentuhan, bola sundulan Bony merobek jala Kawashima, walau dia ditempeli ketat Maya Yoshida.

Gebrakan anak buah Sabri Lamouchi nampak nyata, karena perubahan pola permainan terutama setelah Serge Die yang digantikan Didier Drogba menit ke-62 menambah daya gempur negara yang terletak di barat daya benua Afrika ini.

Permainan cepat Pantai Gading yang dikomandoi Gervinho, dan mantan penyerang Lille ini harus berterima kasih kepada Serge Aurier yang memberinya bola kepada Gervinho yang menciptakan gol kedua Pantai Gading, ajaibnya gol terjadi hanya berselang dua menit setelah gol Bony.

Sabri Lamouchi lebih cerdik dari pelatih Jepang, Alberto Zaccheroni, karena Keisuke Honda sebagai pengatur serangan Jepang yang butuh ruang gerak banyak malah tidak diberi partner, atau sesama gelandang yang memiliki kapasitas sama sebagai pengatur bola seperti Toshihiro Aoyama, atau gelandang serang lainnya semacam, Yoshito Okubo. Hasilnya terlihat serangan Jepang macet, karena setiap kali Keisuke Honda mengendalikan bola selalu dikawal beberapa pemain Pantai Gading.

Menit ke-82 Drogba meraih kesempatan mencetak gol saat dia mengeksekusi tendangan bebas, dan Kawashima bereaksi dengan baik menyelamatkan gawang Negeri Matahari Terbit.

Para pemain Jepang bereaksi ke wasit Enrique Roberto Oses yang memimpin pertandingan, karenan saat Yasuhito Endo dijatuhkan di kotak penalti oleh Soulaimane Bamba, protes para pemain Jepang sia-sia malah mereka hampir kecolongan tatkala serangan balik Pantai Gading yang dikomandoi Gervinho nyaris menjebol gawang Jepang, tetapi bola yang dieksekusi Gervinho masih tertahan kaki Yuto Nagatomo.

Hingga akhir pertandingan Pantai Gading berhasil mempertahankan kemenangan hingga unggul 2-1 atas Jepang.

Pantai Gading berada di peringkat kedua Grup C, peringkat teratas ditempati Kolombia yang pada pertandingan sebelumnya mengganyang Yunani 3-0, Jepang berada di peringkat ketiga.

Susunan Pemain:

Pantai Gading: Boubacar Barry, Serge Aurier, Soulaimane Bamba, Didier Zokora, Artur Boka, Yaya Toure, Cheick Tiote, Serge Die, Gervinho, Wilfried Bony, Salomon Kalou.

Jepang: Eiji Kawashima, Uchida, Morishige, Yoshida, Nagatomo, Yamaguchi, Hasebe, Okazaki, Honda, Kagawa, Osako. (soccerway.com/fifa.com/sportsmole.co.uk).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home