Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 20:57 WIB | Jumat, 07 Maret 2014

Paralimpiade Sochi 2014 Siap Digelar

Ilustrasi atlet paralimpiade yang telah tiba di Rusia. (Foto: sochi2014.com)

SOCHI, SATUHARAPAN.COM – Paralimpiade musim dingin pertama dalam sejarah Rusia akan dibuka dalam upacara yang akan dihelat pada Jumat (7/3) malam WIB yang akan berlangsung di Stadion Fisht, Sochi. Ajang multi olah raga bagi atlet penyandang difabilitas ini akan berlangsung hingga Minggu (16/3) mendatang.

Paralimpiade digelar demi menghormati kekuatan manusia dan menjelaskan betapa pentingnya adalah untuk mengubah persepsi dan mempromosikan penyandang difabilitas inklusif dalam masyarakat. Tema pembukaan Paralimpiade seperti tertuang di situs resmi Sochi Paralympic 2014 Games Musim Dingin yakni “kebersamaan,” (Togetherness) yang menggambarkan kebersamaan kita bisa membuka jalan baru komunikasi dalam masyarakat dan mengatasi hambatan perdamaian antar bangsa.

Presiden Komite Paralimpik Internasional Sir Philip Craven, PBB Sekretaris Jenderal Penasihat Khusus pada Olahraga untuk Pembangunan dan Perdamaian Wilfried Lemke, Wakil Perdana Menteri Federasi Rusia Dmitry Kozak, Ketua Panitia Sochi Paralimpiade 2014, Dmitry Chernyshenko akan mengambil bagian dalam Upacara Pembukaan.

Komite Paralimpiade Internasional (IPC) telah membuat dinding yang membawakan pesan penting dari PBB mengenai konvensi hak-hak penyandang difabilitas.  Cabang olahraga yang dipertandingkan pada paralimpiade ini antara lain ice sledge hockey, wheelchair curling, alpine skiing, cross country skiing, dan biathlon.

Paralimpiade Musim Dingin Sochi akan disiarkan di berbagai stasiun televisi di lebih dari 55 negara. IPC (International Parlympic Commitee) telah menyatakan sukses mengikat kontrak dengan beberapa stasiun televisi besar seperti NBC (AS), Channel 4 (Inggris Raya), ABC (Australia), Globo Sporttv (Brasil), CBC/Radio Canada (Kanada), dan SuperSport (Afsel).

“Saya senang karena jumlah stasiun televisi besar dunia yang menyiarkan Sochi 2014 lebih banyak dari Paralimpiade musim dingin edisi 2010. Artinya, Paralimpiade merupakan properti yang sedang berkembang,” kata Alexis Schaefer, Direktur Pemasaran dan Komersial IPC.

Stasiun televisi Rusia, yaitu VGTRK, RBC TV, dan ANO Sports, akan menyiarkan liputan pertandingan Paralimpiade Musim Dingin selama 180 jam. Jumlah penonton global diperkirakan akan meningkat melebihi rekor Paralimpiade Vancouver, Kanada, empat tahun silam, sebanyak 1,6 miliar penonton.  (telegraph.co.uk/sochi2014.com/nbcsports.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home