Loading...
RELIGI
Penulis: Reporter Satuharapan 11:04 WIB | Kamis, 01 September 2016

Paus Fransiskus Dirikan Kementerian Pembangunan Manusia

Ilustrasi: Paus Fransiskus bersama anak-anak pengungsi Suriah dalam suatu jamuan makan siang di Vatikan. (Foto: Dok satuharapan.com/catholicherald.co.uk)

VATICAN CITY, SATUHARAPAN.COM - Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus, pada Rabu (31/8), mengumumkan pendirian kementerian baru Vatikan yang bertugas menangani pembangunan manusia.

Dikasteri (Kementerian) Pencanangan Pembangunan Manusia Terpadu didirikan sesuai dengan dekret Paus dan akan mulai menjalankan tugas pada 1 Januari mendatang.

Paus akan tetap memegang tugas pengawasan kebijakan keimigrasian Vatikan.

Kementerian baru tersebut dibentuk melalui penggabungan empat departemen yang bertugas menangani sistem peradilan, kesehatan, pembangunan, dan imigran.

Keputusan tersebut merupakan bagian dari upaya paus untuk menyederhanakan birokrasi Vatikan dan upaya untuk melindungi dan mendukung orang-orang yang paling rentan sebagai bagian dari misi Gereja Katolik.

“Dikasteri ini akan menangani sejumlah isu terutama terkait dengan imigran, warga yang membutuhkan uluran bantuan, orang sakit, mereka yang dimarginalkan, narapidana dan pengangguran, serta korban konflik bersenjata, bencana alam, dan segala bentuk perbudakan dan penyiksaan,” ujar Paus dalam dekret pembentukan kementerian tersebut. (AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home