Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 17:44 WIB | Selasa, 01 April 2014

Peluncuran Situs untuk Caleg Bersih 2014

Peluncuran Situs untuk Caleg Bersih 2014
Peluncuran situs www.bersih2014.net merupakan situs untuk mengenalkan sejumlah nama calon legislatif (Caleg) bersih sebagai salah satu pilihan alternatif bagi publik jelang pemilu di kantor Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) Jalan Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (1/4) (Foto-foto : Dedy Istanto).
Peluncuran Situs untuk Caleg Bersih 2014
Koordinator KontraS Haris Azhar saat memaparkan peluncuran situs Bersih 2014 yang merupakan situs dalam rangka mengenalkan sejumlah nama Caleg yang dinilai bersih dan berintegritas.
Peluncuran Situs untuk Caleg Bersih 2014
Tampilan situs www.bersih2014.net yang merupakan situs untuk mengenalkan sejumlah nama Caleg bersih untuk publik menjelang pemilihan legislatif (Pileg) tanggal 9 April nanti.
Peluncuran Situs untuk Caleg Bersih 2014
Haris Azhar (tengah) saat memberikan keterangan kepada sejumlah awak media didampingi oleh salah satu Caleg Aulia Prima Kurniawan (kiri) dan Iwan dari Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) (kanan).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Jelang pemilihan umum (Pemilu) 2014 sejumlah lembaga non pemerintah meluncurkan situs www.bersih2014.net sebagai bagian dalam rangka memberikan pilihan terhadap para calon anggota legislatif (Caleg) yang bersih di kantor Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) Jalan Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (1/4).

Situs yang dipelopori oleh lembaga Indonesia Corruption Watch (ICW), Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS), Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK), Wahana Lingkungan Hidup (Walhi), Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) dan Tranparancy International Indonesia (TII) bertujuan untuk mengembalikan kepercayaan publik terhadap demokrasi dan politik bersih.

Sejak dideklarasikan pada 23 Maret 2014 lalu situs tersebut mendapat respon baik dari sejumlah Caleg yang memiliki track record baik dan berintegritas. Hal tersebut diawali dengan memasukkan nama-nama Caleg dengan alternatif pilihan Caleg bersih pada Pemilu 2014 yang selanjutnya dipromosikan secara online. Tidak semua nama Caleg dapat dimasukkan dalam daftar Caleg bersih, karena hal tersebut harus melalui penilaian secara kriteria khusus di antaranya tidak pernah melakukan korupsi, serta pro terhadap penegakan hak azasi manusi (HAM), peduli terhadap lingkungan dan membela hak-hak perempuan.

Sampai dengan saat ini sudah ada sekitar 97 nama Caleg yang direkomendasikan Bersih 2014 dan sudah memberikan komitmennya jika terpilih nanti dan dapat dipertanggungjawabkan. Dari 97 nama tersebut 32 nama merupakan Caleg untuk Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), 10 nama untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan 22 nama untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan terakhir 30 nama Caleg masih dalam proses identifikasi dan verifikasi.

Peluncuran situs website Bersih 2014 dibuat khusus untuk menginformasikan daftar nama Caleg yang direkomendasikan. Hal tersebut disampaikan oleh koordinator KontraS Haris Azhar serta sejumlah calon legislatif serta beberapa lembaga di antaranya ICW, PSHK, TII, dan KPA.

 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home