Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 08:14 WIB | Selasa, 10 September 2013

Pemberontak MNLF Bentrok Lagi dengan Tentara Filipina

Pemberontak MNLF memasuki Zamboanga, Senin pagi (9/9). (Foto: Facebook Nur Misuari)

ZAMBOANGA, SATUHARAPAN.COM – Bentrokan antara tentara Filipina dan ratusan gerilyawan Muslim diduga telah menewaskan sedikitnya enam orang, kata pihak berwenang. Diduga anggota Front Pembebasan Moro (Moro National Liberation Front—MNLF) pindah ke Zamboanga, kota di Pulau Mindanao, dengan perahu pada Senin (9/9) pagi, kata mereka. 

Bentrokan menyebar dari pantai ke daerah sibuk Hondo Rio kota. MNLF menandatangani perjanjian perdamaian dengan pemerintah pada 1996. Namun, beberapa gerilyawan tetap aktif. Banyak warga telah meninggalkan Rio Hondo melarikan diri dari pertempuran.

“Target utama dengan MNLF di kota Zamboanga melanggar adalah untuk meningkatkan banner mereka kemerdekaan di balai kota,” kata walikota, Isabelle Climaco-Salazar.

Dia mengatakan kepada media bahwa bentrokan telah menewaskan sedikitnya dua personel keamanan dan empat warga sipil.

Ada juga laporan dari sejumlah orang yang terluka. Setidaknya 20 warga disandera menurut laporan militer dan polisi.

Jurubicara angkatan bersenjata, Letnan Kolonel Ramon Zagala, mengatakan bahwa sekitar 800 tentara telah dikerahkan untuk mengamankan kota. “Kami berusaha untuk mengepung mereka, sehingga teror ini tidak akan menyebar di tempat lain,” katanya.

Kelompok Bersenjata

Insiden ini mengikuti deklarasi kemerdekaan oleh Nur Misuari, mantan pemimpin MNLF, bulan lalu. Penyebabnya, ia merasa fraksinya telah diabaikan dari kesepakatan damai sedang dinegosiasikan antara pemerintah dan kelompok pemberontak yang lebih besar, Front Pembebasan Islam Moro (Moro Islamic Liberation Front—MILF).

Asamin Hussin, Komandan Keamanan Nasional MNLF, mengatakan bahwa mereka menginginkan kemerdekaan. “Kami ingin membangun mendirikan bangsa Moro. Bukan pemerintah otonom, melainkan Mindanao yang merdeka, bangsa Moro,” katanya. Bangsa Moro mengacu kepada orang-orang Muslim di Filipina selatan.

Nur Misuari mendirikan Front Pembebasan Nasional Moro (MNLF) pada 1971 dengan tujuan melawan pemerintah Filipina demi sebuah negara Islam merdeka. Ia menandatangani perjanjian damai dengan pemerintah pada  1996, tetapi terus terlibat dalam bentrokan di Filipina selatan.

Banyak faksi muncul dari pecahan MNLF, termasuk MILF. Situasi di Filipina selatan rumit oleh keberadaan puluhan kelompok-kelompok bersenjata yang berbeda. Beberapa menginginkan berdirinya negara Islam. Kelompok lain adalah geng-geng yang membiayai hidup dengan menculik dan meminta tebusan. (bbc.co.uk)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home