Loading...
INDONESIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:15 WIB | Selasa, 15 Desember 2015

Pengungsi Suriah, Bersatunya Keluarga Hadiah Natal Sesungguhnya

PM Quebec, Philippe Couillard, membantu pengungsi yang baru tiba dari Suriah mencoba mantel musim dingin di di Montreal, Sabtu (12/12). (Foto: timescolonist.com/canadian prees).

MONTREAL, SATUHARAPAN.COM - Kedatangan pesawat  kedua pemerintah federal yang membawa pengungsi Suriah di Montreal Sabtu (12/12) malam, adalah "hadiah Natal yang sesungguhnya" bagi  satu keluarga pengungsi  Suriah yang bertemu kembali dengan keluarga, yang selama  delapan tahun tidak bertemu.

Anas Fransis dan ibunya, berada di bandara Pierre Elliott Trudeau Montreal Kanada, untuk menyambut 'paman dan istrinya, dan dua anak remaja mereka dan nenek Fransis, yang berada di antara 161 pengungsi yang disponsori swasta untuk melakukan perjalanan dari Beirut ke Kanada naik sebuah pesawat pemerintah.

Fransis berlari keluar, untuk menyambut mereka, memeluk  sepupunya. Neneknya, Laila Saeed, adalah yang terakhir melalui pintu, wajahnya basah dengan air mata.

"Mereka akan berada di sini untuk Natal, mereka akan berada di sini untuk tahun baru," kata Fransis, yang datang ke Kanada dari Suriah pada tahun 2008. "Kedatangan mereka adalah hadiah Natal ... hadiah Natal yang sesungguhnya."

Sepupu Laila Beylouneh (13) bersemangat untuk memulai hidup barunya.

 "Masa depan saya mulai sekarang," katanya kepada wartawan dalam bahasa Inggris. "Saya berharap semua mimpi saya akan terwujud."

Quebec Premier Philippe Couillard dengan Menteri Imigrasi federal John McCallum, dan Walikota Montreal Denis Coderre, menyambut para pengungsi, yang mendarat Sabtu (12/12) malam. Banyak menteri federal dan provinsi lainnya kabinet juga hadir.

Berbicara kepada relawan dari waktu ke depan, Couillard mengatakan ia dan istrinya sangat berminat dalam untuk mensponsori sebuah keluarga pengungsi yang sudah ditetapkan, untuk tiba pada awal 2016.

Dia mengatakan dia bangga dengan usaha Quebec dan Kanada untuk menyambut pendatang baru.

"Itu membuat saya sangat bangga, kita mampu menolong orang yang dalam situasi yang  sangat mengerikan, dan berstatus pengungsi, dan menerima mereka menjadi orang yang bebas, dengan penuh sukacita dan persaudaraan," katanya.

Kedatangan kurang dari 48 jam, setelah sebuah pesawat pemerintah membawa 163 pengungsi ke Toronto pada hari Kamis (10/12).

Setelah tiba di Bandara Pierre Elliott Trudeau Montreal,  agen layanan perbatasan memeriksa identitas para pengungsi, dan mengeluarkan sertifikat kesehatan.

Jerais Der Kaspar, dari Aleppo, Suriah, tiba di pesawat dengan istrinya Emelda Margarian dan ketiga anak mereka. Ia berharap untuk kehidupan baru di Kanada setelah melarikan diri dari pemboman di Suriah.

"Kanada adalah negara terbaik, dan saya ingin berada di yang terbaik," katanya dalam bahasa Inggris. "Ini adalah awal yang baik."

Semua kecuali satu dari 161 pengungsi pada penerbangan hari Sabtu (12/12) diharapkan untuk tinggal di Quebec, yang telah menyiapkan dana $ 29 juta   hingga akhir 2016 untuk menyelesaikan lebih dari 7.000 pengungsi.

Semua yang disponsori oleh kelompok swasta, banyak di antaranya yang diajukan bulan lalu dokumen yang diperlukan dalam rangka untuk membawa beberapa diperkirakan 4,3 juta warga Suriah yang mengungsi akibat perang sipil yang sedang berlangsung di negara itu.

Pemerintah federal berencana untuk membawa 25.000 Suriah ke Kanada pada akhir Februari 2016.(timescolonist.com

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home