Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 13:09 WIB | Jumat, 15 Mei 2015

Perang Irak dari Hari ke Hari

Perang Irak dari Hari ke Hari
Sebuah ledakan yang melanda gedung di kota Baghdad, Irak yang terekam saat invasi Amerika Serikat ke Irak yang diambil pada (21/3/2003) masa kepemimpinan Presiden Saddam Hussein yang dikenal dalam operasi kedudukan Irak. (Foto: REUTERS/Goran Tomasevic).
Perang Irak dari Hari ke Hari
Seorang gadis Irak menggendong adiknya bersama dengan ibunya (kanan) saat akan membawa makanan untuk persediaan lebih yang dibeli di Basra, Irak (29/3/2003) (Foto: REUTERS/Jerry Lampen).
Perang Irak dari Hari ke Hari
Seorang prajurit tentara Amerika Serikat yang juga seorang perawat US NAvy Hospital saat menggendong bayi di tengah kontak senjata antara pasukan Amerika Serikat dengan kelompok bersenjata yang terjadi di pusat kota Irak (29/3/2003) (Foto: REUTERS/Damir Sagolj).
Perang Irak dari Hari ke Hari
Sebuah keluarga saat melarikan diri melewati tank Irak jenis T-55 yang hancur setelah di mortir oleh pasukan Inggris di kota Basra (28/3/2003) dalam peristiwa tersebut sekitar 2.000 masyarakat sipil melarikan diri karena ditembaki oleh pasukan Irak (Foto: REUTERS/Chris Helgren).
Perang Irak dari Hari ke Hari
Sekelompok anak-anak Irak berkumpul bersama saat menyaksikan kepulan asap dari pembakaran minyak di pinggiran kota Baiji, utara Baghdad (15/3/2005) (Foto: REUTERS/Sabah Hamid).

IRAK, SATUHARAPAN.COM – Pasca jatuhnya kekuasaan Presiden Irak Saddam Hussein, Irak masih terus digoncang perang. Invasi Amerika Serikat yang dilancarkan sejak tahun 2003 sampai dengan 2011 dengan nama operasi pembebasan Irak telah berbuntut panjang hingga hari ini.

Berbagai aksi teror bom serta konflik dari kelompok bersenjata terus melanda Irak dari hari ke hari yang membuat rasa ketakutan di masyarakat Irak. Menurut catatan setidaknya sekitar 43.000 sampai dengan 48.000 jiwa warga tewas akibat perang maupun tindak kriminal.

Sejak runtuhnya Partai Baath pimpinan Saddam Hussein, Irak diduduki oleh pasukan koalisi kelompok-kelompok pemberontak salah satunya kelompok radikal yang mengatasnamakan Islamic State of Iraq and Syam (ISIS).

ISIS merupakan kelompok bersenjata garis keras yang telah menduduki beberapa wilayah di Irak dengan menghancurkan serta membunuh kelompok yang tidak dianggap sepaham terhadap gerakannya. Kelompok radikal ini muncul setahun belakangan ini dan menjadi perhatian dunia.

Foto-foto berikut ini menggambarkan kondisi situasi Irak sejak invasi Amerika Serikat dari hari ke hari sampai saat ini belum kunjung damai. 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home