Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 06:31 WIB | Rabu, 25 Februari 2015

Pertamina: Indonesia Mampu Menjawab Kebutuhan Energi Dunia

Kantor Pusat Pertamina di Jakarta. (Foto: Prasasta Widiadi).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Direktur Utama Pertamina Geothermal Energy (PGE) Rony Gunawan mengatakan, Indonesia berpeluang menjadi jawaban kebutuhan energi nasional dan dunia.

"Indonesia memiliki potensi yang luar biasa untuk mengembangkan energi geothermal untuk menjawab kebutuhan energi nasional dan dunia," kata Rony di Jakarta, Selasa (24/2), dalam sebuah workshop media.

Rony beralasan karena Indonesia mempunyai 40 persen dari cadangan geothermal (energi panas bumi) yang ada di dunia ini.  

Rony menjelaskan Indonesia harus menjaga kandungan air yang berinteraksi dengan panas dari bumi karena energi geothermal dapat diperbarui dengan cara tersebut berbeda dengan energi fosil seperti minyak bumi dan batu bara yang tidak diperbarui.

"Walaupun Indonesia mempunyai potensi terbesar di dunia, namun pemanfaatannya masih sangat rendah,  baru sekitar lima persen," kata dia.

Menurut Rony, potensi geothermal harus terus digali karena Indonesia bertemperatur tinggi.

"Ini dikarenakan Indonesia terletak dalam jalur tumbukan antara Lempeng Samudra Australia dan Lempeng Benua Asia," Rony menambahkan.

Berdasarkan data PGE, ada 312 lokasi sebaran potensi geothermal di seluruh Indonesia.

Total energi potensi sumber daya sebesar 12.386 megawatt dan energi potensi cadangan 16.524 megawatt dengan potensi geothermal baru terpasang sebesar 1.403,5 megawatt.

Geothermal adalah energi yang dihasilkan dari interaksi panas batuan dengan air yang mengalir di sekitarnya. Interaksi ini menghasilkan uap atau air panas yang dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin dan menghasilkan listrik. (Ant).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home