Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 16:10 WIB | Senin, 08 September 2014

Perupa Faizal Gelar Pameran Tunggal

Salah satu karya Faizal yang dipamerkan dalam “The World of Faizal: Revival”. (Foto credit: Sanjaya Kuss Indarto)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Faizal, seniman alumnus Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, menggelar pameran seni rupa di Taman Budaya Yogyakarta, Jalan Sriwedani Nomor 1,Gondomanan, pada 6 – 18 September 2014. Dalam pameran tunggalnya bertajuk “The World of Faizal: Revival” itu, Faizal memamerkan sekitar seratus karya dalam beberapa medium. Sebagian besar karya tersebut merupakan hasil karya Faizal selama dua tahun terakhir.

Faizal, seperti dilansir dalam indonesiaartnews.or.id, juga menghadirkan karya-karya seni rupa yang usianya jauh lebih lama dari karyanya sebagai pembanding atas perkembangan karya paling mutakhir. Karya-karya lama tersebut dipinjamnya dari kolektor, khusus untuk kepentingan pameran.

Faizal beserta teman-teman segenerasinya merupakan seniman Yogyakarta yang masuk dalam peta seni rupa pada akhir dasawarsa 1980-an hingga 1990-an. Pada 2000, Faizal sempat ‘menenggelamkan diri’ dari peta seni rupa Yogyakarta. Pameran tunggal ini merupakan tanda munculnya kembali sosok Faizal di panggung seni rupa.

Titik menarik dari karya-karya Faizal pada awal kemunculannya terletak pada kebebasannya menciptakan ekspresi visual dalam kanvas. Gaya Faizal mengeksekusi gagasan dalam karyanya dipengaruhi oleh gaya naivisme. Gaya ekspresi yang seenaknya dan tanpa beban dari karya-karya Karel Appel juga turut menginspirasi Faizal untuk melahirkan karya-karyanya.  

Pameran tunggal ini turut menghadirkan Dr Oei Hong Djien (OHD), salah satu kolektor dan kurator asal Magelang sebagai pembuka pameran. Faizal memilihnya sebagai pembuka pameran karena OHD merupakan salah satu kolektor karya-karya Faizal sejak awal merintis karier.  

Dalam pameran ini, buku edisi lukis Faizal juga akan diluncurkan. Buku setebal 200 halaman tersebut berisi foto-foto karya lukisan Faizal. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home