Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 09:23 WIB | Sabtu, 03 Juli 2021

Piala Eropa: Denmark Lawan Ceko di Baku

Suasana emosional kembali membayangi tim Denmark untuk melawan Ceko setelah Christian Eriksen pingsan di lapangan.
Piala Eropa: Denmark Lawan Ceko di Baku
Thomas Delaney, Youffuf Poulsen dan Simon Kjaer, dari kiri, saat sesi latihan dengan tim nasional sepak bola Denmark, di Elsinore, Denmark, hari Rabu (30/6) . Denmark akan memainkan pertandingan sepak bola perempat final Euro 2020 melawan Republik Ceko pada hari Sabtu (3/7) di Baku, Azerbaijan. (Foto: Mads Claus Rasmussen/Ritzau via AP)
Piala Eropa: Denmark Lawan Ceko di Baku
Pemain Republik Ceko termasuk pencetak gol Patrik Schick, kiri atas, dan Tomas Holes, keempat kanan atas, merayakan setelah peluit akhir untuk menang 2-0 dalam pertandingan babak 16 besar kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Belanda dan Republik Ceko di Ferenc Puskas stadion di Budapest, hari Minggu (27/6). (Foto: Laszlo Balogh/pool via AP)

BAKU, SATUHARAPAN.COM-Dari keputusasaan melihat rekan setimnya mengalami serangan jantung hingga perempat final Piala Eropa, entah bagaimana Denmark terus melaju.

Denmark akan menghadapi Republik Ceko pada hari Sabtu (3/7), tepat tiga pekan setelah gelandang Christian Eriksen pingsan di lapangan pada pertandingan pembukaan tim dan harus diresusitasi dengan defibrilator.

Sementara Eriksen pulih, awalnya di rumah sakit dan sekarang di rumah, Denmark telah membaik di Euro 2020. Kemenangan 4-1 atas Rusia membuat Denmark keluar dari babak penyisihan grup setelah dua kekalahan. Mengalahkan Wales 4-0 di babak 16 besar cocok dengan penampilan terbaik tim sejak "Dynamite Denmark" memenangkan Kejuaraan Eropa 1992.

“Dari segi budaya, ada kesamaan. Nilai-nilai keterikatan (bersama), satu untuk semua dan semua untuk satu,” kata gelandang Denmark, Pierre-Emile Hojbjerg, hari Kamis (1/7). “Ada kebanggaan juga bermain untuk negara Anda dan semua nilai ini yang menurut saya tidak terlalu banyak berubah sejak 1992.

“Tetapi rasa hormat terbesar saya kepada orang-orang di (tahun) 92 karena mereka memenangkannya. Kami belum melakukan apa-apa.”

Pasang Surut Emosi

Sejak "kejutan" keruntuhan Eriksen yang tiba-tiba, kata Hojbjerg, Denmark telah mengalami pasang surut emosional yang besar. “Sekarang kami berada di perempat final, jadi ini seperti rollercoaster, yang besar,” katanya. “Dan hal baiknya adalah kami masih lapar. Kami masih bertekad untuk mendorong lebih banyak lagi.”

Lebih dari setengah dari 26 pemain itu belum lahir saat Denmark mengalahkan Jerman 2-0 di final 1992. Satu-satunya penampilan perempat final Eropa sejak itu terjadi pada tahun 2004, kalah 3-0 dari Republik Ceko. Hojbjerg berusia delapan tahun saat itu dan ingat dia “tidak terlalu senang.” Dia tidak bisa menonton pertandingan karena perjalanan sekolah.

Tim Ceko

Turnamen itu juga berakhir dengan kekecewaan bagi Ceko. Mereka kalah dari Yunani yang akhirnya menjadi juara dengan 1-0 di semi final. Sebagai Cekoslowakia, tim ini memenangkan gelar Eropa pada tahun 1976. Sebagai Republik Ceko, poin tertinggi adalah runner-up ke Jerman pada tahun 1996.

Baik Denmark maupun Republik Ceko sama-sama berada dalam performa terbaiknya di Euro 2020 saat memainkan sepak bola fisik berintensitas tinggi melawan tim yang menginginkan penguasaan bola. Mereka bisa berakhir dengan membatalkan satu sama lain di perempat final. Itulah yang bermain di benak pelatih Denmark, Kasper Hjulmand, sehingga dia mengaku kecewa tim Ceko mengalahkan Belanda 2-0 di babak 16 besar.

“Saya lebih suka bermain melawan Belanda,” kata Hjulmand kepada penyiar Denmark pada hari Senin. “Sekarang kami menghadapi tim untuk pertama kalinya (di turnamen) yang menurut saya bisa menandingi intensitas kami sendiri.”

Striker Denmark Yussuf Poulsen bisa kembali setelah absen dalam pertandingan Wales karena cedera otot, ketika penggantinya Kasper Dolberg mencetak dua gol. Satu gol lagi akan membuat pemain depan Republik Ceko Patrik Schick menyamai Cristiano Ronaldo sebagai pemimpin turnamen dengan lima gol.

Soal Suporter di Baku

Beberapa penggemar Denmark atau Ceko akan berada di Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan, untuk pertandingan tersebut. Hanya Turki, sekutu dekat Azerbaijan, yang memiliki lebih dari beberapa ratus penggemar di pertandingan di kota itu sejauh ini.

“Menurut saya itu tidak masuk akal (bermain di Baku). Kami sedikit frustrasi, tetapi kami menghormati keputusan ini,” kata gelandang Republik Ceko, Michal Sadilek, melalui seorang juru bahasa, hari Kamis. “Kami berharap dukungan apa pun yang bisa kami dapatkan di stadion dan kami akan bermain sehingga kami dapat memiliki penggemar di pertandingan berikutnya.”

Rencana penerbangan charter Ceko ke Baku gagal karena tidak cukup banyak penggemar yang setuju untuk pergi. Denmark mungkin memiliki hingga 1.000 pendukung dan menawarkan 50 penggemar yang paling setia tumpangan di pesawat federasi.

Denmark telah merasa lebih dekat daripada kebanyakan tim untuk para penggemarnya, yang menderu tim untuk mengalahkan Rusia di Kopenhagen. Di Amsterdam juga, Denmark adalah favorit lokal dalam apa yang terasa seperti pertandingan kandang melawan Wales.

“Setiap kali kami mengenakan kaus, setiap kali kami mengenakan lencana tim nasional Denmark, kami bermain untuk negara, kami memiliki negara bersama kami,” kata Hojbjerg. “Jadi dengan cara itu mereka akan selalu bersama kita. Semua orang akan selalu bersama kita.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home