Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 02:16 WIB | Sabtu, 03 Juli 2021

Piala Eropa: Spanyol Menang Adu Penalti 3-1 Lawan Swiss

Pertandingan selama 90 menit dan 30 menit waktu perpanjangan bertahan imbang 1-1.
Piala Eropa: Spanyol Menang Adu Penalti 3-1 Lawan Swiss
Penjaga gawang Spanyol, Unai Simon, melakukan penyelamatan saat pertandingan perempat final kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Swiss dan Spanyol di stadion Saint Petersburg di St. Petersburg, Rusia, hari Sabtu (3/7). (Foto: Dmitri Lovetsky/pool via AP)
Piala Eropa: Spanyol Menang Adu Penalti 3-1 Lawan Swiss
Penjaga gawang Swiss, Yann Sommer, menyelamatkan bola selama pertandingan perempat final kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Swiss dan Spanyol, di stadion Saint Petersburg di Saint Petersburg, hari Sabtu (3/7). (Foto: Kirill Kudryavtsev/pool via AP)

PETERBURG, SATUHARAPAN.COM-Laga di perempat final Piala Eropa antara Spanyol dan Swiss  di Petersburg, Rusia, hingga hari Sabtu (3/7) dini harus berakhir dengan adu penalti.

Spanyol menang 3-1 dalam adu penalti melawan Swiss, padahal penjaga gawang Swiss, Yann Sommer, telah menampilkan kemampuannya yang indah selama pertandingan dengan perpanjangan waktu.

Permainan Swiss, untuk pertama kali tim ini mencapai babak perempat final, menunjukkan bahwa tim ini tidak bisa diremehkan oleh tim Spanyol yang sebelum pertandingan tampaknya lebih diunggulkan ketimbang Swiss.

Swiss menahan gol 1-1 selama 90 menit dan waktu perpanjangan, bahkan ketika Swiss harus bermain dengan 10 orang. Ini terjadi setelah Remo Freuler mendapat kartu merah langsung pada menit ke-78 karena melakukan pelanggaran keras terhadap pemain pengganti Spanyol, Gerard Moreno.

Sebuah gol bunuh diri oleh gelandang Swiss, Denis Zakaria, memberi Spanyol keunggulan pada menit kedelapan. Swiss menyamakan kedudukan ketika Xherdan Shaqiri memanfaatkan kesalahan pertahanan di menit ke-68.

Goal pertama spanyol pada menit kedelapan babak pertama, tampaknya lebih karena tim Swiss belum menemukan permaianan mereka, dan terbukti pada pertengahan babak pertama, mereka mulai menemukan gaya bermain, hingga mampu mencetak gol pada menit ke 68.

Gempuran Spanyol, bahkan setelah Swiss kehilangan satu pemain, selalu bisa dipatahkan oleh kiper Sommer. Di akhir pertandingan Swiss cenderung membawa permainan ke adu penalti, dan ini menjadi kekalahannya, karena meski memiliki penjaga gawang yang bagus, tetapi kegagalan terjadi pada eksekutornya.

Dalam adu penalti, kipper Spanyol, Unai Simon, membuat dua penyelamatan dan Mikel Oyarzabal mencetak penalti yang menentukan untuk memberi Spanyol tempat di semi final Kejuaraan Eropa.

Spanyol akan maju ke babak semi final melawan pemenang antara Belgia dan Italia.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home