Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 11:12 WIB | Rabu, 28 Agustus 2013

Playoff Liga Champions: Schalke Unggul 2-3 Atas PAOK Tessaloniki

Playoff Liga Champions: Schalke Unggul 2-3 Atas PAOK Tessaloniki
Hoger (Schalke) dibayangi oleh Tzilolis (kaus putih hitam, PAOK). (foto-foto: uefa.com)
Playoff Liga Champions: Schalke Unggul 2-3 Atas PAOK Tessaloniki
Hoger melewati beberapa pemain PAOK (kiri-kanan Glykos, Stoch, dan Tziolis).

TESSALONIKI, SATUHARAPAN.COM – Kesebelasan Schalke melaju ke fase grup Liga Champions Eropa 2013-2014 setelah menang 2-3 di markas kesebelasan PAOK asal Tessaloniki, Yunani. Pertandingan putaran ke-2, babak play off Liga Champions Eropa, Rabu (28/8) dini hari, diselenggarakan di Stadion Toumba, Tessaloniki.

Schalke yang diunggulkan di beberapa pasar bursa taruhan sepakbola Eropa, pada pertandingan ini dibuat bekerja keras oleh perlawanan tuan rumah. Apalagi, sepekan sebelumnya hasil pertandingan putaran pertama antara keduanya berakhir imbang 1-1. Ini menguntungkan PAOK yang unggul gol tandang. Namun, pada pertandingan ini, Schalke, asal Jerman, bisa mengimbangi tekanan tuan rumah.

Permainan Schalke tak terbendung tatkala penyerang asal Hongaria, Adam Szalai, berhasil membuat gol pada menit ke-30, dan membuat pendukung tuan rumah terdiam, Schalke unggul 1-0. Pelatih PAOK, Huub Stevens, yang kebetulan mantan pelatih Schalke menginstruksikan anak buahnya menyerang balik dan memberi tekananan kepada lini pertahanan Schalke.

Pada babak kedua, klub yang bernama lengkap Panthessalonikios Athlitiko Omilos Konstantinoupoliton, atau apabila dilafalkan dalam bahasa Inggris Pan-Thessalonian Athletic Club of Constantinopolitans ini menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak gelandang bertahan, Stefanos Athanasiadis. Skor 1-1. Ini berarti skor agregat sama, 2-2.

Saat skor imbang tersebut, Schalke tidak berhasil memaksimalkan keadaan karena gelandang serang mereka Jermaine Jones terkena kartu kuning kedua yang berarti Jones harus keluar lapangan karena menerima kartu merah. Schalke harus bermain dengan 10 pemain saja semenjak menit ke-67.

PAOK lolos ke playoff Liga Champions Eropa setelah pada kualifikasi kedua pada Selasa (30/7) dan Rabu (7/8) menang atas Metalist Kharkiv dari Ukraina, dengan agregat 3-2. Sebelumnya pada musim 2012-2013, PAOK Tessaloniki berada pada peringkat kedua Liga Yunani. Menurut peraturan UEFA, klub dari negara-negara dengan peringkat UEFA 11-20 dapat langsung lolos ke kualifikasi ketiga Liga Champions Eropa. Yunani berada pada peringkat ke-12.

Keadaan berbalik tidak menguntungkan bagi PAOK, karena gol Julian Draxler pada menit ke-68 membuat Schalke unggul. Keunggulan 2-1 membuat Schalke percaya diri. Namun karena Schalke asyik menyerang, gelandang PAOK, Konstantinos Katsouranis malah membuat keadaan imbang lagi 2-2.

Sebenarnya dengan skor ini, Schalke sudah dapat lolos ke fase grup karena mencetak gol lebih banyak di kandang lawan. Itu belum cukup buat Schalke karena Schalke akhirnya unggul 3-2 lewat Adam Szalai tepat pada menit ke-90.

Susunan pemain:

PAOK Tessaloniki: Jacobo, Skondras, Tziollis, Lucas, Stoch, Salpingidis, Miguel Vitor, Kace, Katsouranis, Athanasiadis, Kitsiou.

Schalke: Hildebrand, Howedes, Felipe Santana, Draxler, Clemens, Hoger, Jones, Farfan, Uchida, Szalai.

Hasil pertandingan lainnya: Austria Wina 2-3 Dinamo Zagreb, Legia Warsawa 2-2 Steaua Bucharest. (uefa.com).

 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home