Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:10 WIB | Rabu, 26 Oktober 2022

Polandia Pertimbangkan Bangun Penghalang di Perbatasan dengan Rusia

Tentara Polandia berpatroli di perlintasan kereta api selama krisis migran di perbatasan Belarusia-Polandia, dekat Dubicze Cerkiewne, Polandia, pada 5 Desember 2021. (Foto: dok. Reuters)

WARSAWA, SATUHARAPAN.COM-Polandia pertimbangan untuk membangun penghalang di perbatasannya dengan eksklave Rusia Kaliningrad untuk menghentikan gelombang migran Afrika dan Asia mulai mencoba menyeberang dalam beberapa pekan mendatang, kata seorang pejabat tinggi Polandia, hari Selasa (25/10).

Polandia menuduh Rusia dan sekutunya Belarusia menggunakan migran sebagai bagian dari kampanye "perang hibrida" untuk mengacaukan Eropa, dan dengan ketegangan yang semakin tinggi akibat perang di Ukraina. Polandia khawatir akan terulangnya krisis yang menyebabkan ribuan orang Afrika dan Timur Tengah, migran timur mencoba melintasi perbatasan Belarus pada tahun 2021.

Saat itu, Minsk membantah merekayasa situasi dengan menerbangkan orang-orang yang ingin memasuki Uni Eropa, sebaliknya menyalahkan Warsawa dan Brussel atas krisis kemanusiaan yang menyebabkan kematian beberapa migran di hutan di sepanjang perbatasan.

Krzysztof Sobolewski, sekretaris jenderal partai Hukum dan Keadilan yang berkuasa, mengatakan kepada penyiar publik Polskie Radio 1 bahwa Polandia sedang mempertimbangkan untuk membangun penghalang, mirip dengan yang telah dibangun di perbatasan Belarusia, di perbatasan dengan Kaliningrad Rusia.

"Kami harus memperkuat pasukan kami di bagian perbatasan ini dan juga mempertimbangkan ... membangun benteng perbatasan yang serupa dengan yang sekarang kami miliki di bagian Polandia-Belarusia," katanya.

Media Rusia telah melaporkan bahwa Kaliningrad telah membuka penerbangan dari Timur Tengah dan Asia dalam upaya untuk menarik lebih banyak maskapai penerbangan dan wisatawan.

“Setelah apa yang harus kami tangani, dan masih kami tangani di perbatasan Polandia-Belarus, dan mempertimbangkan pembukaan langit di atas wilayah Kaliningrad untuk pesawat dari Turki, Suriah, dan Belarusia, bisa jadi dalam beberapa pekan mendatang,” Sobolewski kemudian mengatakan kepada Reuters, mengacu pada meningkatnya kedatangan migran.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan kepada wartawan dalam sebuah pengarahan bahwa Rusia tidak akan ikut campur dengan keputusan semacam itu. “Sejarah membuktikan kebodohan keputusan untuk membangun tembok setiap saat, karena selama bertahun-tahun atau puluhan tahun, semua tembok runtuh,” katanya.

Sobolewski mengatakan ada tanda-tanda kelompok migran yang lebih besar muncul di perbatasan Belarusia.

Polandia telah membangun penghalang baja setinggi 5,5 meter (18 kaki), dilengkapi dengan sensor gerak dan kamera, membentang sekitar 187 kilometer (116 mil) di perbatasan Belarusia.

Polandia sebelumnya mengatakan bahwa penjaga perbatasan telah menerima dana untuk membangun “penghalang elektronik” sensor dan kamera di perbatasan Kaliningrad. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home