Loading...
INDONESIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:44 WIB | Senin, 26 Oktober 2015

Polda Metro Ungkap Kelompok Pencuri Berusia Muda

Ilustrasi: Pelaku kejahatan begal motor yang berhasil diringkus polisi di Mapolsek Serpong, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, 11 September 2014. (Foto: Antaranews/Muhammad Iqbal)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Aparat Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kelompok pencurian sepeda motor yang beranggotakan remaja berusia muda.

"Salah satu tersangka masih berusia di bawah umur," kata Kepala Unit V Subdirektorat Reserse Mobil Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Polisi Handik Zusen, di Jakarta, Minggu (25/10).

Handik menyebutkan, pemimpin kelompok berinisial IP, yang masih buron itu, memiliki anggota berinisial FY (24), MJ (20), dan SAM (16).

Petugas Polda Metro Jaya, meringkus ketiga tersangka itu di kontrakan di kawasan Gunung Putri dan Cibinong Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dari hasil penggeledahan, petugas menyita barang bukti berupa kunci "T" dengan tujuh anak kunci, satu kunci duplikat, satu unit telepon selular, dan sebilah senjata tajam jenis pisau.

Handik menuturkan, petugas kepolisian masih memburu IP sebagai pemimpin kelompok pencurian spesialis sepeda motor tersebut.

Ia mengungkapkan, sebagian besar pemimpin sindikat pencurian sepeda motor merekrut anggota berusia di bawah umur. "Ini menjadi seperti kaderisasi, kemudian anak di bawah umur itu akan membentuk kelompok baru," kata Handik.

Salah satu tersangka FY, mengaku mengenal IP sejak tiga pekan lalu, sedangkan MJ baru mengenal IP pada 11 Oktober 2015.

Kepada polisi, pelaku mengaku belum mengetahui cara mencuri sepeda motor karena baru "ditugaskan" membantu aksi, untuk mengawasi atau membonceng pemimpin kelompok. (Ant)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home