Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 07:08 WIB | Kamis, 17 November 2016

Polri Telah Laksanakan Proses Hukum yang Murni dan Bersih

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan jajaran dalam konferensi pers di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, hari Rabu (16/11). (Foto: Febriana DH)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Ketua Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan dengan menetapkan Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai tersangka dugaan kasus penistaan agama, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan seluruh jajarannya telah menunjukkan bukti tentang kemampuan Polri melaksanakan proses hukum yang murni dan bersih, bebas dari intervensi kekuasaan, dan bebas dari tekanan kelompok mana pun.

“Apresiasi setinggi-tingginya patut diberikan kepada semua elemen keluarga besar Polri, karena penyelidik mampu mempertunjukan kerja yang independen dan transparan. Terlebih lagi, hasil kerja penyelidik itu semata-mata berorientasi pada alat bukti, bukan perintah atasan atau pesanan penguasa,” kata Bambang di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, hari Rabu (16/11).

Sebelumnya pada hari Rabu (16/11), Mabes Polri resmi memutuskan kasus penistaan agama dilanjutkan ke tahap penyidikan dan menetapkan Ahok menjadi tersangka. Penetapan itu, dengan demikian, menghapus kecurigaan dan anggapan selama ini bahwa Polri cenderung melindungi Ahok karena tekanan dari Presiden Joko Widodo.

“Independensi, profesionalisme, dan transparansi Polri, terlihat begitu nyata manakala terjadi perbedaan pendapat di antara para penyelidik yang berjumlah 27 polisi itu. Kapolri memercayakan seluruh proses kepada Kabareskrim Komjen Ari Dono Sukmanto, dan kerja penyelidikan itu diserahkan sepenuhnya kepada Direktorat Tindak Pidana Umum Mabes Polri,” kata dia.

Politisi Partai Golkar itu menilai kasus dugaan penistaan agama itu menjadi perhatian masyarakat. Keberanian dan sikap tegar pimpinan Polri dalam menindaklanjuti dan memutuskan kasus itu diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik kepada Polri.

“Kasus ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik kepada Polri,” kata dia.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home