Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 17:04 WIB | Kamis, 01 Desember 2016

Presiden Ajak Kadin Tingkatkan Skala Pelatihan Vokasional

Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani pada pembukaan Rapat Pimpinan Nasional Kadin 2016 di Hotel Borobudur, Jakarta, hari Kamis (1/12). (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan kerja sama yang lebih erat dan jumlah yang lebih besar dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia melalui program pelatihan vokasional (kejuruan).

Menurut Presiden, salah satu kebutuhan mendesak bagi Indonesia dalam menghadapi persaingan global ialah sumber daya manusia yang terampil, berkompeten, dan berdaya saing. Dalam menyediakan tenaga terampil tersebut, pemerintah sebelumnya telah bekerja sama dengan Kadin di bidang pelatihan kejuruan. Namun dinilai masih terlalu kecil secara kuantitas.

"Saya minta memang dalam jumlah yang besar, jumlah besar-besaran. Tadi saya sudah mendapatkan angka dari Pak Rosan dan Pak Menko Ekonomi, angkanya masih jauh dari yang kita harapkan. Karena yang dibutuhkan adalah sebuah training besar-besaran dalam jumlah yang jutaan. Bukan hanya ribuan, tapi harus jutaan," kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada pembukaan Rapat Pimpinan Nasional Kadin 2016 di Hotel Borobudur, Jakarta, hari Kamis (1/12).

Presiden menunjuk pihak swasta melalui Kadin untuk melakukan pelatihan terhadap kebutuhan tenaga-tenaga terampil yang siap. Menurutnya, pihak yang paling mengetahui kebutuhan tenaga kerja dari pihak swasta ialah mereka sendiri.

"Menurut saya sistem vokasional yang paling baik dan benar-benar jalan adalah yang kemarin kita lihat di Jerman. Di sana yang juga sangat berperan adalah Kadin di Jerman. Jadi di sini nantinya yang sangat berperan kita harapkan juga dari Kadin. Masuk akal, karena harusnya yang tahu kebutuhan swasta ya swasta sendiri, bukan regulatornya," kata Presiden.

Presiden meminta kerja sama yang baik antara pemerintah dan Kadin agar dapat secara bersama-sama membangun Indonesia sehingga dapat memberikan manfaat lebih kepada masyarakat.

"Sekali lagi saya minta kerja sama antara kementerian dengan Kadin, antara pemerintah dengan Kadin, terus ditingkatkan dari pusat sampai ke daerah sehingga betul-betul pergerakan ekonomi kita akan memberikan manfaat kepada masyarakat," katanya. (Setpres)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home