Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 10:22 WIB | Sabtu, 10 September 2016

Presiden Rusia Pecat Seorang Komisaris Hak Anak

Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: Dok satuharapan.com/Russia Today)

MOSKWA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Vladimir Putin, pada Jumat (9/9), mencopot Pavel Astakhov dari jabatannya sebagai komisaris hak anak, ungkap Kremlin.

Langkah tersebut diambil setelah berbulan-bulan spekulasi bahwa Astakhov akan dipecat karena insiden tenggelamnya 15 anak di sebuah kamp musim panas di Rusia utara pada Juni.

Astakhov, yang pada saat itu mengatakan bahwa anak-anak tersebut tidak memakai pelampung ketika kapal mereka tenggelam, bertanya kepada salah satu korban selamat, “bagaimana kamu berenang? ”

Insiden itu, dan komentar Astakhov, memicu kemarahan publik dan petisi online yang menyerukan pengunduran dirinya. Petisi tersebut telah mengumpulkan hampir 160.000 tanda tangan.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan kepada kantor berita Rusia bahwa Astakhov akan digantikan oleh Anna Kuznetsova, yang memimpin yayasan amal untuk anak yang menerima bantuan pemerintah.

Astakhov adalah pendukung utama undang-undang 2013 yang melarang adopsi anak Rusia oleh warga Amerika Serikat (AS), dalam aksi balasan atas langkah yang diambil Washington untuk menghukum para pejabat Rusia yang terlibat dalam kematian pengacara Sergei Magnitsky di dalam penjara pada 2009.(AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home