Loading...
RELIGI
Penulis: Ignatius Dwiana 06:30 WIB | Rabu, 21 Mei 2014

Raja Thailand Menerima Hadiah Relikwi Dua Santo Paus

Raja Thailand Menerima Hadiah Relikwi Dua Santo Paus
Para uskup Thailand mendoakan kesehatan raja. (Foto: asianews.it)
Raja Thailand Menerima Hadiah Relikwi Dua Santo Paus
Botol berisi darah Santo Yohanes Paulus II. (Foto: CTV)

BANGKOK, SATUHARAPAN.COM – Para uskup dari dari 10 keuskupan di Thailand yang dipimpin Uskup Emeritus Bangkok Kardinal Michael Michai Kitbunchu mempersembahkan relikwi dua Santo Paus kepada Raja Thailand Bhumibol Adulyadej. Acara pemberian relikwi kepada raja berlangsung di istana kerajaan di Hua Hin, di provinsi Praciuapsirikhan pada pekan lalu.

Relikwi yang dipersembahkan berasal dari Santo Paus Yohanes XXIII dan Santo Paus Yohanes Paulus II, yang baru-baru ini dikanonisasi Paus Fransiskus. Relikwi-relikwi itu tersimpan dalam dua wadah, satu berisi sepotong kecil kulit Santo Yohanes XXIII, dan yang lainnya botol darah Santo Yohanes Paulus II.

Raja Thailand yang berusia 87 tahun ini telah memerintah sejak 1950 dan wakil emeritus agama Buddha yang bertemu kedua Santo Paus itu. Pertemuannya dengan Paus Yohanes XXIII berlangsung di Vatikan pada 1960, saat kunjungan Raja dan Ratu itu ke Eropa. Pertemuan dengan Paus Yohanes Paulus II terjadi di Thailand pada Mei 1984. Pertemuan terjadi saat Paus Yohanes Paulus II mengunjungi negeri murah senyum itu sebagai tamu kerajaan dan mengunjungi umat Katolik di Thailand.

Para uskup Konferensi Waligereja Thailand itu selain mempersembahkan dua relikwi itu juga mendoakan kesehatan raja dan ratu serta menambahkan berkat khusus bagi mereka.

Jumlah umat Katolik di Thailand sangat kecil. Sekitar 400 ribu umat Katolik dari total penduduk Thailand 65 juta jiwa. (asianews.it)

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home