Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 15:31 WIB | Rabu, 31 Agustus 2016

Realisasi Anggaran Kemendag 2015 sebesar Rp 3 Triliun

Mendag mengakui realisasi anggaran Kemendag tahun 2015 tidak mencapai 100 persen dikarenakan ada beberapa anggaran yang tidak terserap.
Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita (ketiga dari kiri) sedang berbicara dengan Kepala BKPM Thomas Lembong dalam Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI di Ruang Rapat Komisi VI DPR RI, Kompleks Parlemen, Jakarta, hari Rabu (31/8). (Foto: Melki Pangaribuan)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, mengatakan realisasi Kementerian Perdagangan tahun 2015 sebesar Rp 3 triliun dari total pagu Rp 3,5 triliun.

Hal itu dikatakan Mendag Enggar dalam Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI, di Ruang Rapat Komisi VI DPR RI, Kompleks Parlemen, Jakarta, hari Rabu (31/8).

"Realisasi anggaran Kementerian Perdagangan tahun 2015 adalah Rp 3 trilun atau sebesar 87,07 persen dari total pagu Rp 3,5 triliun," kata Enggar

Mendag mengakui realisasi anggaran Kemendag tahun 2015 tidak mencapai 100 persen dikarenakan ada beberapa anggaran yang tidak terserap.

"Pertama, terdapat sisa gaji dan tunjangan kinerja pegawai Kementerian Perdagangan," kata Enggar.

Kedua, terdapat dana blokir pengadaan tanah pada Pusat Pengembangan SDM Kemetrologian yang tidak dapat dicairkan karena ada kebijakan moratorium.

Ketiga, lanjut Mendag, terdapat beberapa daerah yang tidak dapat melaksanakan kegiatan pembangunan pasar dikarenakan mengundurkan diri, gagal lelang dan putus kontrak.

"Keempat, dana refocusing tidak dapat dimanfaatkan karena asa kebijakan moratorium revisi anggaran sesuai surat Menteri Keuangan Nomor S-798/MK.02/2015," kata Enggar.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home