Loading...
INSPIRASI
Penulis: Claudia Ayu 06:31 WIB | Kamis, 12 Juni 2014

Rice Cooker… Oh, Rice Cooker!

Foto: www.gourmet.com

SATUHARAPAN.COM – Seperti kita ketahui, rice cooker berfungsi sebagai penanak sekaligus penghangat nasi. Saat menanak nasi, setelah menunggu hampir satu jam, beras dalam rice cooker saya tak berubah menjadi nasi. Ternyata, saya lupa menekan tombol on, meski telah menancapkan steker di stopkontak.

Sebagaimana rice cooker, kita juga mampu mengubah sesuatu menjadi lebih baik dan berguna baik bagi diri sendiri maupun masyarakat. Hanya saja masalahnya apakah kita sudah menancapkan steker kita di stopkontak dan menekan tombol on atau tidak. Jika kedua-duanya tidak dilakukan secara bersamaan, kita tidak pernah berfungsi dengan baik.

Menancapkan steker kita di stopkontak ibarat hidup kita yang menancap kepada Tuhan Sang Pencipta, sedangkan menekan tombol on adalah bagaimana kita menyediakan diri untuk dipakai atau meng-on-kan diri, sehingga dapat berfungsi. Keduanya harus dilakukan supaya dapat berfungsi dan menghasilkan sesuatu yang maksimal.

Mungkin kita sudah meng-on-kan diri dan berupaya keras untuk dapat menghasilkan sesuatu yang maksimal, tetapi apakah kita sudah menancapkan diri kepada Tuhan Sang Pencipta? Apa pun yang kita kerjakan tanpa melibatkan Tuhan, tidak akan berakhir dengan baik. Mungkin menurut kita sudah mencapai hasil maksimal, namun pertanyaannya: apakah yang kita kerjakan itu sesuai kehendak Tuhan? Bisa jadi apa yang kita lakukan hanya mengejar pamrih atau pencitraan belaka. Ujung-ujungnya kesombongan pribadi.

Demikian pula sebaliknya, kita selalu menancapkan diri kepada Tuhan, tetapi kita tidak menyediakan diri untuk meng-on-kan diri, akibatnya kita tidak akan mendapatkan apa pun. Meskipun menurut kita, dengan menancapkan diri kepada Tuhan, maka Tuhan pasti memberikan hasil kepada kita. Atau memang kita sudah menerima hasil dari menancapkan diri kepada Tuhan, namun dapat dipastikan tidak akan maksimal bila dibandingkan dengan ketika kita mau menancapkan diri kepada Tuhan.

Keduanya harus dilakukan, baik menancapkan diri kepada Tuhan maupun meng-on-kan diri. Sudah siapkan anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan apa yang menjadi kehendak Tuhan? Jangan tunggu lama, segera tancapkan steker kita ke stopkontak dan tekan tombol on.

 

Editor: ymindrasmoro

Email: inspirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home