Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 13:42 WIB | Rabu, 11 Februari 2015

Ritual Rupang Jelang Perayaan Imlek

Ritual Rupang Jelang Perayaan Imlek
Seorang jemaat saat membersihkan patung Buddha yang berada di ruang kebaktian Vihara Amurva Bhumi yang terletak di Jalan Casablanca, Setia Budi, Jakarta Selatan, Rabu (12/2). Kegiatan bersih-bersih atau rupang rutin dilakukan oleh para jemaat sebagai salah satu kegiatan persiapan menjelang perayaan Hari Imlek yang ke-2566 tahun ini. (Foto-foto: Dedy Istanto).
Ritual Rupang Jelang Perayaan Imlek
Seorang jemaat saat membersihkan altar tempat sembahyang dalam rangka persiapan menjelang peryaan Hari Imlek yang jatuh pada tanggal 19 Februari nanti.
Ritual Rupang Jelang Perayaan Imlek
Salah satu jemaat saat akan mengganti kain yang menempel di atas pintu masuk rumah ibadah sebagai salah satu kegiatan bersih rupang menjelang perayaan Hari Imlek tahun ini.
Ritual Rupang Jelang Perayaan Imlek
Seorang jemaat saat membersihkan salah satu cawan yang menjadi salah satu asesoris yang berada di Vihara Amurva Bhumi Jakarta Selatan.
Ritual Rupang Jelang Perayaan Imlek
Dua jemaat umat Buddha yang datang secara sukarela saat membersihkan Hiolo yang menjadi salah satu tempat untuk memanjatkan doa untuk sang Dewa.
Ritual Rupang Jelang Perayaan Imlek
Para jemaat tampak sibuk bersih-bersih asesoris, serta alat pernak pernik Vihara dalam rangka persiapan menjelang perayaan Hari Imlek yang jatuh pada tanggal 19 Februari nanti.
Ritual Rupang Jelang Perayaan Imlek
Seorang jemaat tampak sibuk membersikan salah satu perlengkapan yang berada di Vihara dengan menggunakan pembersih dalam rangka persiapan menjelang perayaan Hari Imlek.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Puluhan jemaat umat Buddha bersih-bersih Vihara Amurva Bhumi Jalan Casablanca, Setia Budi, Jakarta Selatan, Rabu (11/2). Kegiatan rupang Vihara tersebut berlangsung sejak pagi pukul 06.00 WIB dan hanya sehari dilakukan.

Berbagai pernak pernik seperti patung Budha di mimbar kebaktian, serta cawan dan juga Hiolo tempat untuk menyembah langit seluruhnya dibersihkan. Tidak hanya bersih-bersih berbagai asesoris serta manik-manik seperti lampu lampion sebagai penghias Vihara juga dipasang di halaman dan juga rumah ibadah.

Kegiatan rupang merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilakukan oleh jemaat umat Buddha menjelang perayaan Imlek. Perayaan Imlek ke-2566 yang jatuh pada tanggal 19 Februari nanti membuat sejumlah Vihara yang berada di Jakarta mulai sibuk menggelar persiapan, salah satunya Vihara Amurva Bhumi (Hok Tek Tjeng Sin) Jakarta Selatan yang berdiri sejak ratusan tahun. 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home