Loading...
BUDAYA
Penulis: Bayu Probo 17:11 WIB | Jumat, 15 Mei 2015

Sam Smith Sukses Jalani Operasi Pita Suara

Sam Smith. (Foto: AFP)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Penyanyi Sam Smith pada Kamis (14/5) tampak bahagia setelah menjalani operasi pita suara yang akan mengharuskannya diam selama beberapa pekan.

Penyanyi Inggris tersebut, yang melejit berkat lagunya “Stay With Me”, menjalani operasi di sebuah klinik di New York setelah dokter mendeteksi pendarahan pada pita suaranya.

Smith melalui Instagram mengunggah foto dirinya setelah operasi tengah duduk dalam kursi roda di samping perawat yang menyeringai dan menulis keterangan foto dengan satu kata: “Flying.”

“Baru terbangun dari operasi. Saya mabuk obat penghilang rasa sakit dan mendengarkan Whitney Houston hahahahaha,” tulisnya di Twitter.

Smith, yang pada pekan depan akan berusia 23 tahun, sebelumnya mengatakan bahwa dia tidak akan mampu berbicara selama tiga pekan dan membatalkan sejumlah pertunjukan mendatang.

Pria kelahiran Inggris itu, yang pada beberapa tahun lalu adalah seorang bartender di London, mengikuti jadwal tur yang ketat di tengah popularitas yang kian mendunia berkat lagu “Stay With Me”, sebuah lagu balada yang bercerita tentang cinta satu malam.

Smith memboyong beberapa penghargaan dalam Grammy pada Februari, memenangkan tiga dari empat kategori paling bergengsi.

Mengaku Gay

Samuel Frederick “Sam” Smith (lahir 19 Mei 1992) adalah penyanyi dan penulis lagu Inggris. Smith lahir di London, Inggris, putra Frederick Smith dan Kate Cassidy, broker. Ia adalah alumnus Youth Music Theatre Inggris dan membintangi produksi mereka pada 2007 “Oh! Carol”. Sebelum memasuki teater musikal, Smith menjadi vokalis di band jazz. Selama beberapa tahun ia belajar menyanyi dan menulis lagu di bawah pianis jazz Joanna Eden.] Dia lulusan St Mary Catholic School di Bishop’s Stortford. Dia adalah anggota dari Bishop’s Stortford Junior Operatics (sekarang Bishop’s Stortford Musical Theatre Society) dan Cantata Youth Choir.

Dia mulai terkenal pada Oktober 2012 ketika dia tampil di single Disclosure’s dengan lagu “Latch”, yang memuncak di nomor sebelas di UK Singles Chart. Single berikutnya—di Naughty Boy’s “La La La”—membuatnya dia pertama kali di puncak Chart pada Mei 2013.

Pada Desember tahun 2013, ia dinominasikan untuk 2014 BRIT Critics’ Choice Award dan jajak pendapat BBC Sound 2014, yang keduanya ia menangkan. Dia merilis album debut studio, In the Lonely Hour, Mei 2014 di Capitol Records. Single utama, “Lay Me Down”, dirilis sebelum “La La La”. Single kedua, “Money on My Mind”, menjadi yang kedua nomor satu di Inggris.

Album ketiga tunggal, “Stay with Me”, yang sukses internasional, mencapai nomor satu di Inggris dan nomor dua di US Billboard Hot 100, sedangkan single keempat “I’m Not the Only One” mencapai lima besar di kedua negara. Single kelima, “Like I Can”, mencapai nomor sembilan di Inggris.

Pada Desember 2014, Smith dinominasikan untuk enam Grammy Awards, dan pada 57th Annual Grammy Awards di Februari 2015 ia memenangkan empat: Best New Artist, “Stay with Me” untuk Record of the Year dan Song of the Year, dan “In Lonely Hour” untuk Best Pop Vocal Album. Pada 2015 Brit Awards, ia memenangkan penghargaan untuk British Breakthrough Act and Global Success.

   Baca juga:

Pada Mei 2014, Smith mengungkapkan kepada publik bahwa ia adalah gay. Ia mengakui punya hubungan—dan sudah berakhir—dengan aktor dan model Jonathan Zeizel. Pada 2015 Grammy Awards, saat ia memenangkan empat kategori, ia berkata, “Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada orang yang membuat aku jatuh cinta tahun lalu. Ia yang disebut-sebut dalam album ini. Terima kasih banyak karena telah membuat saya patah hati, karena kamu, saya punya empat Grammy!”

Dalam sebuah wawancara dengan 4Music, Smith membahas perjuangannya dengan gangguan obsesif-kompulsif (obsessive–compulsive disorder). “Saya benar-benar memiliki OCD dan itu benar-benar buruk, dan itu makin buruk kadang,” katanya. “Saya harus memeriksa keran ... sebelum saya meninggalkan rumah, untuk memastikan saya sudah memeriksa segala sesuatu karena khawatir banjir.” Dia adalah sepupu penyanyi Lily Allen dan aktor Alfie Allen. Dia juga ayah baptis teman dekat dan kolaborator anak Jimmy Napes, Jackson. (AFP/Wikipedia)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home