Loading...
EKONOMI
Penulis: Bob H. Simbolon 18:16 WIB | Rabu, 11 Mei 2016

Sidang Tahunan IDB Bahas Infrastruktur dan Keuangan Inklusif

Logo, Islamic Development Bank (Foto: Wikipedia.org)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Sidang Tahunan Islamic Development Bank (IDB) ke-41 akan membahas seputar infrastruktur dan keuangan inklusif, Sidang Tahunan IDB akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada tanggal 15-19 Mei 2016.

Kegiataan tersebut bertemakan ‘Enhancing Growth and Poverty Alleviation through Infrastructure Development and Financial Inclusion’ atau ‘Penguatan pertumbuhan dan Pengentasan Kemiskinan Melalui Pembangunan Infrastruktur dan Keuangan Inklusif’. Selain sejalan dengan tantangan yang dihadapi oleh negara-negara anggota IDB, tema ini juga dinilai sejalan dengan prioritas pembangunan Indonesia tahun 2015-2019.

“Tema tersebut sejalan dengan tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh semua negara IDB, karena sebagian besar negara IDB adalah negara berkembang. Selain itu, tema tersebut juga sejalan dengan prioritas pembangunan Indonesia saat ini, tahun 2015-2019, (karena) terkait dengan infrastruktur dan pertumbuhan yang inklusif,” jelas Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Makro Ekonomi dan Keuangan Internasional Andin Hadiyanto dalam konferensi pers terkait Sidang Tahunan IDB ke-41 yang diselenggarakan di Hotel Borobudur, Jakarta pada Rabu (11/5).

Lebih lanjut ia menerangkan, pembahasan terkait infrastruktur dalam sidang tahunan tersebut akan meliputi infrastruktur fisik, seperti konstruksi, transportasi dan energi; maupun infrastruktur sosial seperti pendidikan. Sementara itu, pembahasan terkait keuangan inklusif antara lain mencakup berbagai inovasi yang dilakukan dalam mewujudkan keuangan inklusif dan pembiayaan syariah. 

“Di dalam keuangan inklusif mencakup mengenai inovasi-inovasi di dalam keuangan inklusif, Islamic trade finance maupun Islamic micro finance,” tambahnya.

Selain itu, melalui forum sidang tahunan tersebut, negara-negara anggota IDB juga akan membahas kerja sama dalam meningkatkan pembangunan serta berbagai upaya yang akan ditempuh untuk mencapai tantangan di sektor infrastruktur.

Sebagai informasi, Sidang Tahunan IDB ke-41 akan dihadiri oleh 56 negara anggota IDB dengan lebih dari 2.700 partisipan. (Kemenkeu.go.id)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home