Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:17 WIB | Minggu, 10 Juli 2022

Sri Lanka: Pengunjuk Rasa Kepung dan Masuki Istana Presiden

Para pengunjuk rasa, banyak yang membawa bendera Sri Lanka, berkumpul di luar kantor presiden di Kolombo, Sri Lanka, Sabtu, 9 Juli 2022. Para pengunjuk rasa Sri Lanka menyerbu kediaman Presiden Gotabaya Rajapaksa dan kantor di dekatnya pada hari Sabtu ketika puluhan ribu orang turun ke jalan-jalan ibukota Kolombo dalam demonstrasi terbesar untuk melampiaskan kemarahan mereka terhadap seorang pemimpin yang mereka anggap bertanggung jawab atas krisis ekonomi terburuk negara pulau itu. (Foto: AP/Thilina Kaluthotage)

KOLOMBO, SATUHARAPAN.COM-Ribuan pengunjuk rasa di ibu kota Sri Lanka, Kolombo, menerobos barikade polisi dan menyerbu kediaman resmi presiden pada Sabtu (9/7) dalam salah satu protes anti pemerintah terbesar di negara yang dilanda krisis tahun ini.

Beberapa pengunjuk rasa, memegang bendera Sri Lanka dan mengenakan helm, masuk ke kediaman presiden, rekaman video dari saluran berita TV lokal NewsFirst menunjukkan.

Pulau berpenduduk 22 juta orang itu berjuang di bawah kekurangan devisa yang parah yang telah membatasi impor bahan bakar, makanan dan obat-obatan, menjerumuskannya ke dalam gejolak keuangan terburuk dalam tujuh dekade.

Banyak yang menyalahkan kemunduran negara pada Presiden Gotabaya Rajapaksa. Protes yang sebagian besar damai sejak Maret menuntut pengunduran dirinya.

Ribuan orang memadati distrik pemerintah Kolombo, meneriakkan slogan-slogan menentang presiden dan membongkar beberapa barikade polisi untuk mencapai rumah Rajapaksa, kata seorang saksi mata Reuters.

Polisi melepaskan tembakan ke udara tetapi tidak dapat menghentikan massa yang marah di sekitar kediaman presiden, kata saksi itu. Reuters tidak dapat segera mengkonfirmasi keberadaan presiden.

Meskipun kekurangan bahan bakar yang parah telah menghentikan layanan transportasi, para demonstran memadati bus, kereta api dan truk dari beberapa bagian negara untuk mencapai Kolombo untuk memprotes kegagalan pemerintah untuk melindungi mereka dari kehancuran ekonomi.

Ketidakpuasan telah memburuk dalam beberapa pekan terakhir karena negara yang kekurangan uang itu berhenti menerima pengiriman bahan bakar, memaksa penutupan sekolah dan penjatahan bensin dan solar untuk layanan penting.

Sampath Perera, seorang nelayan berusia 37 tahun naik bus yang penuh sesak dari kota tepi laut Negombo, 45 kilometer (30 mil) utara Kolombo, untuk bergabung dalam protes.

“Kami telah memberi tahu Gota berulang kali untuk mundur, tetapi dia masih berpegang teguh pada kekuasaan. Kami tidak akan berhenti sampai dia mendengarkan kami,” kata Perera.

Dia termasuk di antara jutaan orang yang terhimpit oleh kekurangan bahan bakar kronis dan inflasi yang mencapai 54,6 persen pada bulan Juni.

Ketidakstabilan politik dapat merusak pembicaraan Sri Lanka dengan Dana Moneter Internasional (IMF) untuk mencari dana talangan US$3 miliar, restrukturisasi beberapa utang luar negeri dan penggalangan dana dari sumber multilateral dan bilateral untuk meringankan kekeringan dolar. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home