Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 01:43 WIB | Minggu, 05 Juni 2016

Tingkatkan Pariwisata, Pengusaha Usul Tax Refund

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kedua kiri) dan Ketua APPBI DPD DKI Jakarta Ellen Hidayat saat membuka Festival Jakarta Great Sale 2016 di Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, hari Jumat (3/6). (Foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia DPD DKI Jakarta Ellen Hidayat mengusulkan kepada pemerintah untuk membuat program tax refund atau pengembalian pajak kepada turis mancanegara yang berbelanja barang di Indonesia dengan batasan harga tertentu.

Menurut Ellen Hidayat, dengan program ini akan menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia. Apalagi ditambah dengan festival belanja yang menawarkan potongan harga fantastis.

“Kami berharap kepada pemerintah harus menerapkan tax refund,” kata dia dalam jumpa pers pembukaan Festival Jakarta Great Sale 2016 di Lotte Shopping Avenue, Jalan Prof. Dr. Satrio, Jakarta Selatan, hari Jumat (3/6).

Pengembalian pajak, lanjut dia, sebaiknya tidak usah dilakukan di bandara seperti yang dilakukan oleh Singapura. Namun, menurut dia, pengembalian pajak tersebut langsung saja dilakukan di toko tempat wisatawan mancanegara itu berbelanja sehingga tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk mengantre.

Beberapa negara yang telah menerapkan sistem pengembalian pajak belanja bagi wisatawan mancanegara di antaranya adalah Singapura, Malaysia, Thailand, Jepang, Korea, Australia dan Prancis.

Dia optimis jika program ini diberlakukan pasti daya beli wisatawan macanegara akan meningkat dan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Menanggapi usulan tersebut, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan pengembalian pajak penting untuk diwujudkan karena menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara, seperti yang dirasakan di Singapura dan Malaysia.

"Kami akan berkomunikasi dengan Kementerian Keuangan agar turis mendapat manfaat tax refund saat  kegiatan Jakarta Great Sale," kata dia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta, total kunjungan wisman ke Ibu Kota periode Januari-Desember 2014 mencapai 2,3 juta. Sepuluh negara asal wisman yang paling banyak datang ke Jakarta yakni Malaysia, China, Jepang, Singapura, Korea Selatan, Amerika Serikat, Saudi Arabia, Australia, India, Taiwan.

Sedangkan pintu masuk yang paling banyak menyedot wisatawan mancanegara yakni Bandara Soekarno Hatta dengan 2,2 juta kunjungan, Pelabuhan Tanjung Priok dengan 64.000 kunjungan dan Bandara Halim Perdana Kusuma dengan 7.000 kunjungan.

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home