Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 17:40 WIB | Senin, 05 Januari 2015

Tip Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga

Ilustrasi: Tip menghemat pengeluaran rumah tangga. (Foto: carakomplit.com)

SATUHARAPAN.COM – Setiap orang, pada dasarnya bisa mengatasi masalah keuangan sendiri kalau saja mau hidup lebih sederhana. Yang terbiasa dengan gaya hidup hedonis, mungkin beranggapan hidup sederhana itu mengurangi kesenangan. Namun, hidup berhemat adalah salah satu cara untuk menciptakan surplus paling mudah dan paling cepat dilakukan. Berhemat, dalam hal ini, adalah mengefektifkan pengeluaran agar tidak mubazir dalam penggunaan.

Belakangan bahkan lahir komunitas Jakarta Low End Living. Melalui akun Facebook, komunitas ini berbagi tip gaya hidup murah dengan tetap mengedepankan selera yang baik. “Bukan berarti gaya hidup high-end tidak baik, tetapi kalau mendapatkan hasil yang sama dengan harga setengahnya, mengapa tidak?” Sebagian di antaranya kini membawa bekal makan siang sendiri, hasil masakan sendiri pula.  

Mengevaluasi kembali pengeluaran rumah tangga adalah langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum seseorang mengubah gaya hidup, menurut Prita Hapsari Ghozie, perencana keuangan dari ZAP Finance dan penulis buku Make It Happen, seperti dikutip dari pesona.co.id. Tentu ada jenis pengeluaran yang sifatnya wajib, yang memang harus dikeluarkan setiap bulannya, misalnya uang sekolah anak, membayar langganan listrik, air, cicilan KPR,  gaji asisten rumah tangga, dan lainnya.

Berikut ini beberapa tip berhemat yang bisa dilakukan:

-Mengurangi makan di luar, membawa bekal dari rumah bisa menjadi solusi pengeluaran makan siang.

-Kunjungi mal jika memang memiliki kebutuhan dan efisiensikan keberadaan anda di sana.

-Membayar cicilan tepat waktu, hindari denda dan penalti karena pembayaran cicilan yang terlambat.

-Menggunakan satu alat transportasi untuk bersama dengan teman  atau beberapa kenalan yang memiliki rute harian yang sama dengan waktu yang sama atau biasakan bersepeda menuju tempat kerja atau menggunakan kendaraan umum

-Makan dengan menu bersama teman-teman menjadi murah dan terjangkau layaknya makan bersama keluarga.

-Merencanakan liburan lebih awal, dengan membeli tiket pesawat, akomodasi hotel dan sewa kendaraan lebih awal biasanya jauh lebih murah.

-Manfaatkan sale tahunan, untuk mendapatkan barang terbaik dengan kurang dari separuh harga.

-Biasanya kita ingin tampil berbeda dalam setiap kesempatan. Kombinasikan stok pakaian lama dengan pakaian baru,untuk mengubah penampilan.

-Hemat listrik, matikan peralatan elektronik yang terhubung dengan sumber listrik, karena tetap menyedot listrik dari sumbernya.

-Hindari macet, dengan mengatur jadwal perjalanan kita setiap hari atau mengatur rute perjalanan yang tidak terlalu padat.

-Daur ulang barang-barang bekas yang sudah tak terpakai, jika masih bisa memiliki nilai, bisa dijual akan menambah investasi atau tabungan.

-Membeli produk buatan supermarket, produk-produk tersebut biasanya dijual dengan harga di bawah harga barang sejenis dengan merek yang sudah dikenal.

-Kurangi gawai (gadget) di rumah, jika gawai tersebut tidak terlalu sering digunakan ada baiknya saling berbagi dalam penggunaannya.

-Gunakan fasilitas wifi bersama.

-Pertimbangkan untuk mendekatkan lokasi rumah dengan lokasi pekerjaan atau aktivitas harian seperti sekolah anak.

- Mengajak keluarga ke tempat-tempat rekreasi yang lebih edukatif seperti kebun binatang, pusat budaya, tempat bersejarah, ataupun museum.

-Memilih rekening tabungan tanpa biaya administrasi

-Jika memang membutuhkan sebuah barang dengan segera, dan harus membelinya dengan mencicil, semaksimal mungkin Anda menekan biaya bunga dengan memperoleh cicilan 0 persen.

-Biasakan menawar.

-Survei sebelum membeli, menjadi konsumen cerdas adalah pilihan yang bijak.

-Pertimbangkan membeli barang bekas.

-Kurangi merokok.

-Gunakan kartu member belanja, agar memperoleh harga khusus atau promo yang tidak diberikan kepada pembelanja umum.

-Stop belanja makanan berlebihan.

-Cari sumber informasi gratis, melalui internet, karena banyak situs yang bisa membantu kita dalam pengembangan diri, menambah pengetahuan ataupun keahlian.

-Jaga kesehatan.

-Katakan tidak pada penawaran yg tidak perlu atau tidak berguna (meskipun diskon).

-Kelola rumah sendiri.

-Gunakan air secara efisien.

-Upayakan untuk mengelola perjalanan dalam sekali perjalanan. (pesona.co.id/terapikeuangan.blogspot.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home